Puasa Tapi Lupa Mandi Junub, Apakah Sah?

Puasa Tapi Lupa Mandi Junub, Apakah Sah?

Puasa Tapi Lupa Mandi Junub, Apakah Sah?/--www.istockphoto.com

Puasa Tapi Lupa Mandi Junub, Apakah Sah?

RK ONLINE - Dalam menghadapi bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, pertanyaan seputar hukum puasa menjadi perbincangan hangat di kalangan umat Islam. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah mengenai hukum puasa bagi seseorang yang lupa belum mandi junub atau mandi wajib saat tiba waktu imsak.

 

Masyarakat memasuki bulan puasa ini dengan banyak pertanyaan seputar ibadah mereka, terutama terkait hal-hal teknis seperti mandi junub.

BACA JUGA:Puasa Semakin Sehat, Ini Tips Minum Air Putih Untuk Kebutuhan Cairan Tubuh Saat Puasa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), junub adalah keadaan tidak suci pada diri seorang Muslim yang mengharuskan mereka untuk menjalani mandi besar agar dapat melaksanakan ibadah seperti shalat dan tawaf.

 

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis, lupa mandi junub setelah imsak hukumnya adalah makruh, artinya diperbolehkan untuk dilakukan dan ibadahnya tetap sah.

 

Sementara menurut Ustaz Muhammad Nur Maulana, apabila seseorang dalam keadaan junub namun lupa untuk mandi wajib setelah tiba waktu imsak, maka ibadah puasanya tetap sah. Namun, penting untuk diingat bahwa kondisi lupa yang dimaksud di sini adalah tidak disengaja atau ketiduran.

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Puasa, Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Berikut Waktu yang Tepat

Bagi yang lupa mandi junub setelah imsak, meskipun ibadah puasanya tetap sah, disarankan untuk segera mandi junub agar tidak mengganggu ibadah selanjutnya seperti shalat Subuh.

 

Tak hanya itu, mandi junub atau mandi wajib juga diperlukan bagi orang yang mengalami mimpi basah di siang hari. Meskipun mandi junub menjadi wajib, puasa tidak menjadi batal.

Sumber: