Bahaya Telat Makan, Bisa Memicu Gangguan Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Bahaya Telat Makan, Bisa Memicu Gangguan Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Bahaya Telat Makan, Bisa Memicu Gangguan Kesehatan Tubuh dan Pikiran/--www.istockphoto.com

Bahaya Telat Makan, Bisa Memicu Gangguan Kesehatan Tubuh dan Pikiran

RK ONLINE - Keseharian yang padat sering membuat banyak orang melupakan waktu makan. Namun, kebiasaan ini ternyata bisa membawa dampak serius bagi tubuh dan pikiran.

 

Menurut dr. Virly Nanda Muzelina, seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Eka Hospital BSD, telat makan sering dianggap hal yang biasa. Namun, ia menegaskan bahwa telat makan dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental seseorang.

BACA JUGA:Overthinking, Masalah yang Dapat Mengganggu Kesehatan Mental Anak Muda

"Terlalu sering telat makan bisa menyebabkan penurunan asupan energi yang dibutuhkan tubuh, berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, hal ini bisa menjadi pemicu penyakit serius," ungkapnya.

 

Berikut ini adalah beberapa bahaya telat makan yang perlu diperhatikan untuk kesehatan fisik dan mental, seperti dilansir dari beberapa sumber terpercaya:

 

Menurunnya Produktivitas

Ketika tubuh kekurangan energi karena sering telat makan, produktivitas pun ikut menurun. Ini disebabkan oleh metabolisme tubuh yang terganggu akibat kurangnya asupan energi. Ketika tubuh mengirimkan sinyal kantuk, maka produktivitas pun akan menurun.

BACA JUGA:Tips Mudah Mengurangi Stres Saat Menjalani Program Diet

Masalah Asam Lambung

Telat makan dapat mengganggu keseimbangan asam lambung dalam perut. Lambung terus bekerja untuk mencerna makanan, bahkan saat kita tidur. Hal ini bisa menyebabkan masalah seperti asam lambung yang berlebihan dan gangguan pencernaan.

Sumber: