Tips Mudah Mengurangi Stres Saat Menjalani Program Diet

Tips Mudah Mengurangi Stres Saat Menjalani Program Diet

Tips Mudah Mengurangi Stres Saat Menjalani Program Diet/--www.istockphoto.com

Tips Mudah Mengurangi Stres Saat Menjalani Program Diet

RK ONLINE - Stres yang berkepanjangan dapat menjadi penghalang ketika kita mencoba menurunkan berat badan. Namun, tidak perlu khawatir, karena Chief Medical Officer for Medi-Weightloss, Gretchen San Miguel, MD, telah membagikan beberapa tips diet terbaik yang dapat membantu mengurangi stres.

 

Menurut San Miguel, hormon stres utama yang perlu dikenali adalah kortisol dan serotonin. Kortisol dapat meningkatkan rasa lapar, sementara serotonin merupakan hormon pengantar sinyal pada saraf.

BACA JUGA:Minum Kopi Pahit Tanpa Gula Setiap Hari, Apakah Aman?

Berikut beberapa kiat diet terbaik dan mudah yang bisa Anda terapkan:

 

- Kurangi Konsumsi Makanan Manis: Mengonsumsi makanan tinggi gula dapat meningkatkan kadar kortisol pada individu yang mengalami obesitas. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih coklat hitam yang dapat mengurangi hormon stres.

 

- Penuhi Jenis Makanan yang Tepat: Konsumsi sayuran mentah yang rendah kalori dan kaya akan nutrisi penting serta serat makanan. Selain itu, makanan seperti telur, keju, buah nanas, tahu, salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga dapat membantu menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan serotonin.

BACA JUGA:Demi Kesehatan, Ini Tips Ampuh Menghindari Perut Buncit yang Gampang Dilakukan

- Mengonsumsi Susu: Segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak, membantu mengurangi stres. Pilihlah susu bebas lemak jika Anda khawatir dengan kandungan lemaknya.

 

- Pilih Karbohidrat Kompleks: Hindari karbohidrat sederhana seperti permen dan soda yang dapat menyebabkan lonjakan serotonin yang singkat. Sebaliknya, pilihlah karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum, pasta gandum utuh, atau oatmeal, yang dapat membuat perut kenyang lebih lama dan gula darah lebih stabil.

Sumber: