Bisa Meredakan Nyeri Otot, Ini 5 Olahraga Sehat yang Ideal Untuk Lansia

Bisa Meredakan Nyeri Otot, Ini 5 Olahraga Sehat yang Ideal Untuk Lansia

Bisa Meredakan Nyeri Otot, Ini 5 Olahraga Sehat yang Ideal Untuk Lansia--Dok/Net

Bisa Meredakan Nyeri Otot, Ini 5 Olahraga Sehat yang Ideal Untuk Lansia

RK ONLINE - Olahraga merupakan bentuk aktivitas fisik yang dilakukan manusia untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik. Seiring bertumbuhnya usia, tentunya kebutuhan olahraga akan berubah. Lansia yang kurang bergerak atau jarang berolahraga bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, misalnya nyeri sendi dan otot, tekanan darah tinggi, pikun, hingga diabetes.

Dengan berolahraga, orang yang sudah lanjut usia bisa semakin aktif dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Ada beberapa olahraga untuk lansia yang bisa dilakukan baik di rumah maupun di tempat latihan khusus. Bentuk olahraga ini akan memiliki proporsi latihannya yang lebih dibatasi dan berbeda dengan orang yang lebih muda.

BACA JUGA:Update Liga Champions 2024, Inter Milan vs Atletico Madrid Dijadwalkan Tanding Malam Ini!

Pada umumnya, olahraga yang baik dilakukan lansia adalah olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang. Olahraga berat dan dalam waktu yang singkat sangat tidak dianjurkan mengingat fungsi-fungsi tubuh lansia yang sudah tidak sebaik pada saat muda. 

Oleh karena itu, berikut beberapa jenis olahraga yang ideal untuk lansia:

BACA JUGA:Mbape Tertusuk Panah Asmara Real Madrid, Resmi Gabung?

1. Jalan Cepat

Jalan cepat adalah jenis latihan aerobik yang lebih rendah dibandingkan joging, tetapi tetap merupakan olahraga yang sangat bermanfaat untuk lansia. Jalan cepat mampu meningkatkan detak jantung dan kemampuan otot.

Dibandingkan dengan joging, jalan cepat juga tidak terlalu berdampak pada persendian. Jadi, jika lutut atau pergelangan kaki sudah cukup lemah, jalan cepat akan menjadi pilihan olahraga yang jauh lebih baik daripada joging.

BACA JUGA:Ciri-Ciri Orang Terkena Asam Urat, Beriku Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan Penderitanya

2. Bersepeda 

Bersepeda juga termasuk latihan aerobik yang baik untuk kesehatan jantung lansia. Lansia bisa bersepeda statis yang tersedia di pusat kebugaran atau bersepeda sambil mencari udara segar di luar ruangan. Selain tidak berdampak pada persendian, kemungkinan cederanya juga kecil.

3. Berenang

Sumber: