Pemerintah Bakal Kembali Buka Seleksi CASN 2024, Simak Informasi Selengkapnya!

Pemerintah Bakal Kembali Buka Seleksi CASN 2024, Simak Informasi Selengkapnya!

Pemerintah Bakal Kembali Buka Seleksi CASN 2024, Simak Informasi Selengkapnya!/--istimewah

Pemerintah Bakal Kembali Buka Seleksi CASN 2024, Simak Informasi Selengkapnya!

RK ONLINE - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bahwa pemerintah akan membuka kembali seleksi bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), baik untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024. Lebih dari 2,3 juta formasi CASN akan dialokasikan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan.

 

Seleksi CASN 2024 ini terbuka bagi lulusan baru (fresh graduate) dan tenaga honorer. Lulusan baru akan mendapatkan jatah di seleksi CPNS sebanyak 690 ribu orang, dengan 207 formasi CPNS untuk instansi pusat dan 483 ribu formasi untuk instansi daerah. 

BACA JUGA:Demi Kualitas Birokrasi, MenPANRB Jamin Seleksi CASN 2024 Adil dan Transparan

Sementara itu, bagi tenaga honorer atau non-ASN, pemerintah menyediakan 1,6 juta formasi PPPK. Tujuan pemerintah adalah agar seluruh tenaga honorer dapat beralih status menjadi PPPK pada akhir tahun ini.

 

Pelaksanaan seleksi CASN 2024 akan dimulai pada bulan Maret mendatang. Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melaksanakan seleksi dalam 3 periode. Pengumuman dan seleksi administrasi untuk periode pertama akan dimulai pada minggu ketiga bulan Maret 2024. Sementara itu, periode kedua akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024, dan periode ketiga akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024.

 

Bagi masyarakat yang tertarik untuk mendaftar sebagai CPNS 2024, berikut adalah cara pendaftarannya:

- Masuk ke situs resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id atau klik link berikut.

- Buat akun menggunakan nomor induk kependudukan (NIK).

- Login dengan memasukkan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan.

- Lengkapi biodata.

Sumber: