Tidak Hanya Berbahaya, Gula Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh Manusia, Ini Daftarnya!

Tidak Hanya Berbahaya, Gula Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh Manusia, Ini Daftarnya!

Tidak Hanya Berbahaya, Gula Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh Manusia, Ini Daftarnya!/--www.istockphoto.com

Tidak Hanya Berbahaya, Gula Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh Manusia, Ini Daftarnya!

RK ONLINE - Gula sering kali menjadi sorotan dalam pembicaraan tentang kesehatan, terutama dalam konteks peningkatan obesitas dan penyakit terkait. Namun, apakah benar bahwa gula sama sekali tidak memiliki manfaat bagi tubuh manusia? Mari kita telaah fakta-fakta yang ada.

 

1. Sumber Energi

Gula, terutama glukosa, adalah sumber energi utama bagi tubuh manusia. Glukosa ini dihasilkan dari pemecahan karbohidrat dalam makanan yang kita konsumsi. Otak, otot, dan sel-sel tubuh lainnya menggunakan glukosa sebagai bahan bakar untuk berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Kopi Hitam Tanpa Gula Sebagai Alternatif Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

2. Kebutuhan Energi pada Aktivitas Fisik

Gula juga membantu tubuh dalam menyediakan energi tambahan saat melakukan aktivitas fisik yang intens. Peningkatan asupan gula dapat membantu menjaga kadar glukosa darah agar tetap stabil selama latihan atau kegiatan olahraga.

 

3. Fungsi Otak

Otak merupakan organ yang sangat bergantung pada pasokan glukosa untuk berfungsi secara optimal. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi otak, dan konsumsi gula yang cukup dapat membantu memelihara kinerja kognitif dan meningkatkan fokus serta konsentrasi.

BACA JUGA:Apakah Menahan Lapar Bagian Strategi Program Diet yang Sehat atau Menyebabkan Penyakit, Yuk Cari Tahu!

4. Penyedia Nutrisi

Gula juga dapat berperan sebagai penyedia nutrisi yang penting dalam makanan. Misalnya, dalam bentuk buah-buahan, gula alami juga mengandung serat, vitamin, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sumber: