Dijamin Irit BBM, Ini Tips Agar Sepeda Motor Hemat Bahan Bakar yang Wajib Dicoba

Dijamin Irit BBM, Ini Tips Agar Sepeda Motor Hemat Bahan Bakar yang Wajib Dicoba

Tips agar sepeda motor hemat bahan bakar atau lebih irit BBM--istimewah

Radarkepahiang.id - Tips agar sepeda motor hemat bahan bakar tentunya akan sangat berguna bagi pengendara. Ditambah lagi harga bahan bakar yang terus naik, membuat pengendara rela bersusah payah agar sepeda motornya lebih irit BBM.

Untuk mengatasi lonjakan biaya, banyak orang mencari cara agar sepeda motor mereka lebih hemat bahan bakar, tanpa mengorbankan atau mempengaruhi kemampuan sepeda motor berikut keamanan.

BACA JUGA:Ayo Buruan Pilih! Ini Daftar Hp Oppo 2024 Paling Rekomendasi dengan Harga Murah Pasti Terjangkau

Berikut adalah beberapa tips agar sepeda motor hemat bahan bakar yang dapat dicoba oleh setiap pengendara:

- Pemeliharaan Rutin

Pastikan sepeda motor dalam kondisi terbaik dengan melakukan pemeliharaan rutin. Periksa tekanan ban secara teratur dan pastikan roda berputar dengan lancar. 

 

Sebab filter udara yang kotor atau tersumbat, dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Jadi pastikan untuk membersihkannya atau menggantinya sesuai dengan rekomendasi pabrikan agar sepeda motor hemat bahan bakar dan dijamin irit BBM sesuai dengan standar pabrikan.

BACA JUGA:Jarang Orang Tahu, Telur Rebus Ternyata Memiliki Segudang Manfaat, Ini Daftarnya!

- Berkendara Perlahan

Mempercepat secara tiba-tiba dan sering mengerem secara mendadak, dapat mengurangi efisiensi bahan bakar. Bukannya membuat kendaraan irit BBM, hal ini tentunya dapat membuat sepeda motor boros terhadap bahan bakar.

Maka dari itu cobalah untuk mengendalikan akselerasi Anda secara perlahan dan berusaha untuk menjaga kecepatan yang konsisten. Menggunakan gigi yang lebih tinggi pada kecepatan yang lebih rendah juga dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar.

- Hindari Membiarkan Mesin Menganggur Terlalu Lama

Membiarkan mesin sepeda motor menganggur terlalu lama dapat menghabiskan bahan bakar tanpa alasan yang jelas. Jika harus berhenti lebih dari beberapa menit, ada baiknya untuk pertimbangkan pilihan mematikan mesin dan menyalakannya kembali ketika sudah siap untuk melanjutkan perjalanan.

Sumber: