Salah Satunya Menyundul Bola, Ini Kebiasaan yang Ternyata Bisa Merusak Otak

Salah Satunya Menyundul Bola, Ini Kebiasaan yang Ternyata Bisa Merusak Otak

Salah Satunya Menyundul Bola, Ini Kebiasaan yang Ternyata Bisa Merusak Otak /--www.istockphoto.com

Salah Satunya Menyundul Bola, Ini Kebiasaan yang Ternyata Bisa Merusak Otak 

RK ONLINE - Otak adalah organ terpenting dalam tubuh manusia karena mengendalikan tindakan, reaksi, pikiran, dan perasaan. Namun, kebiasaan-kebiasaan tidak sehat dapat merusak otak. Psikiater dan spesialis gangguan otak, dr. Daniel Amen, menyoroti empat kebiasaan yang berpotensi merusak otak manusia.

 

- Banyak Mengonsumsi Gula: Asupan gula berlebih dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko diabetes. Diabetes dapat merusak pembuluh darah, memengaruhi aliran darah ke otak, dan memperkecil ukuran serta fungsi otak.

BACA JUGA:Jangan Asal Makan Aja, Ini Menu Makan Siang Yang Disarankan Agar Terhindar Perut Buncit

- Menyundul Bola dengan Kepala: Kebiasaan menyundul bola sepak bisa membawa dampak buruk pada kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa pesepakbola memiliki risiko 50 persen lebih tinggi untuk terkena demensia dibandingkan dengan populasi umum.

 

- Mengonsumsi Kafein Berlebih: Kafein berlebihan dapat membatasi aliran darah ke otak, terkait dengan penyusutan otak. Meskipun tidak langsung terkait dengan demensia, kafein dapat menyebabkan masalah tidur yang berhubungan dengan risiko demensia.

 

- Merokok: Nikotin dalam rokok dapat mengganggu aliran darah ke otak dan menyebabkan penyusutan otak. Penyusutan otak ini meningkatkan risiko gangguan kognitif, demensia, dan Alzheimer.

BACA JUGA:Mengapa Tenggorokan Sakit Saat Bangun Tidur, Apakah Ini Pertanda Penyakit?

Menghindari kebiasaan-kebiasaan ini dapat membantu melindungi kesehatan otak dan menjaga fungsi otak yang optimal. Menjaga gaya hidup yang sehat dan menghindari faktor risiko dapat memberikan perlindungan tambahan bagi kesehatan otak.

Sumber: