Pilihan Menu Sarapan Sehat Untuk Jantung Menurut dr Arthur Agatston

Pilihan Menu Sarapan Sehat Untuk Jantung Menurut dr Arthur Agatston

Pilihan Menu Sarapan Sehat Untuk Jantung Menurut dr Arthur Agatston/--www.istockphoto.com

Pilihan Menu Sarapan Sehat Untuk Jantung Menurut dr Arthur Agatston

RK ONLINE - Memulai hari dengan sarapan yang sehat dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan jantung. Banyak penelitian telah menyoroti hubungan antara kebiasaan sarapan dan penurunan berat badan, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Menurut dr. Arthur Agatston, seorang ahli jantung, melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi, kadar insulin yang tinggi, dan lingkar pinggang yang lebih besar. Semua faktor ini dapat berkontribusi pada risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Rahasia Meningkatkan Mood, Mendengarkan Musik dan Bernyanyi Sebagai Solusinya

Untuk menjaga kesehatan jantung, pemilihan menu sarapan menjadi kunci. Dr. Agatston menekankan bahwa sarapan terbaik seharusnya mengandung serat dan protein tanpa lemak, yang dapat menstabilkan gula darah dan memberikan rasa kenyang hingga pertengahan pagi.

 

Berikut adalah beberapa pilihan menu sarapan sehat yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung, seperti dilansir dari Prevention dan Medical News Today:

 

- Ikan Air Dingin Berlemak: Ikan seperti salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung. Kandungan selenium dalam ikan ini juga berperan sebagai antioksidan pelindung jantung.

BACA JUGA:Apakah Lebih Baik Tidak Sarapan Pagi atau Tidak Makan Siang?

- Jeroan Hati: Hati merupakan jeroan yang kaya nutrisi, terutama asam folat, zat besi, kromium, tembaga, dan seng, yang mendukung kesehatan jantung.

 

- Oatmeal: Biji-bijian utuh seperti oat membantu mencegah aterosklerosis dengan menghambat penyerapan kolesterol. Pilihan sajian oatmeal dengan tambahan buah seperti blueberry dapat meningkatkan asupan serat dan pektin.

Sumber: