Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan Malam Hari Untuk Menjaga Kesehatan

Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan Malam Hari Untuk Menjaga Kesehatan

Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan Malam Hari Untuk Menjaga Kesehatan/--www.istockphoto.com

Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan Malam Hari Untuk Menjaga Kesehatan

RK ONLINE - Olahraga secara teratur memiliki dampak positif pada kesehatan fisik dan mental. Namun, saat berolahraga di malam hari, penting untuk memilih jenis olahraga yang tidak terlalu intensif agar tidak mempengaruhi kualitas tidur. Jenis olahraga ringan yang melibatkan gerakan peregangan dapat menjadi pilihan yang baik.

BACA JUGA:Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Ternyata Mampu Mewujudkan Tubuh Langsing

Menurut saran dari Healthline dan Sleep Foundation, berikut adalah beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan di malam hari:

 

1. Yoga

Yoga adalah latihan kekuatan yang fokus pada postur tubuh, pernapasan, dan meditasi. Selain dapat mengurangi stres, yoga juga dapat meningkatkan kualitas tidur, menurunkan berat badan, dan mengurangi nyeri di leher dan punggung bagian bawah. Gerakan yoga ringan sebelum tidur, seperti mengangkat kaki ke dinding, child’s pose, dan corpse pose, dapat dilakukan dalam waktu singkat, sekitar 10 menit.

BACA JUGA:Tanpa Perlu Tidur Siang, Begini Cara Lengkap Beserta Manfaat Waktu Istirahat yang Singkat

2. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang dapat dilakukan setelah makan malam. Aktivitas ini memiliki manfaat seperti peningkatan kualitas tidur, penurunan berat badan, peningkatan imunitas, dan stabilisasi kadar gula darah. Jalan kaki selama 15 menit di malam hari sudah dapat memberikan manfaat kesehatan.

 

3. Peregangan

Peregangan atau stretching membantu memahami kondisi tubuh dan mengatur pernapasan. Gerakan peregangan di malam hari dapat mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan kualitas tidur. Gerakan seperti bear hug, peregangan leher, dan kneeling lat stretch dapat dilakukan untuk merelaksasi otot dan mengurangi ketegangan.

BACA JUGA:Apa Dampak Bagi Kesehatan Jika Banyak Minum Kopi Setiap Hari, Berikut Ulasan Selengkapnya!

Sumber: