Rekrutmen ASN Tahun 2024, KemenPANRB Siapkan Proses Seleksi yang Transparan dan Inklusif

Rekrutmen ASN Tahun 2024, KemenPANRB Siapkan Proses Seleksi yang Transparan dan Inklusif

Rekrutmen ASN Tahun 2024, KemenPANRB Siapkan Proses Seleksi yang Transparan dan Inklusif/--menpan.go.id

Rekrutmen ASN Tahun 2024, KemenPANRB Siapkan Proses Seleksi yang Transparan dan Inklusif

RK ONLINE - Presiden RI, Joko Widodo, secara resmi mengumumkan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024 dengan total formasi mencapai 2,3 juta pada Jumat, 5 Januari 2024. 

 

Hal ini menggerakkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemnPANRB) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk memastikan kelancaran pelaksanaan rekrutmen ASN tahun ini.

BACA JUGA:Kemendikbudristek dan BKN Sebut Guru ASN Guru dan Kepala Sekolah Wajib Laporkan Kinerja Melalui Fitur Khusus

"Kami harus memastikan bahwa seleksi CASN tahun ini berjalan lancar dan meningkat dari sebelumnya. Pagi ini, kami mengadakan rapat teknis untuk mendetailkan proses rekrutmen," ujar MenPANRB, Abdullah Azwar Anas.

 

Anas menyatakan bahwa pekan depan, KemenPANRB akan menggelar pertemuan dengan seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan pengelola kepegawaian di seluruh Indonesia.

 

"Kami mendorong instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk optimal dalam memanfaatkan alokasi formasi demi terwujudnya reformasi birokrasi yang berdampak," papar Anas.

BACA JUGA:Maksimalkan Kesempatan Honorer Dalam Rekrutmen CASN 2024, Pemeriksaan Data Diperketat!

Selanjutnya, KemenPANRB akan berkoordinasi dengan Menteri Keuangan terkait pembiayaan yang efisien dan efektif. "Setelah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan, kami akan menetapkan detail teknis rekrutmen ASN secara nasional untuk tahun 2024," tambah Anas.

 

Anas menjelaskan bahwa tahun ini pemerintah memberikan alokasi besar bagi fresh graduate untuk mengikuti seleksi, termasuk untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan talenta digital dengan total formasi CPNS yang dapat dilamar sebanyak 690.822.

Sumber: