Buruan Dicek! Bocoran Formasi Prioritas Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Menurut MenPANRB

Buruan Dicek! Bocoran Formasi Prioritas Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Menurut MenPANRB

Buruan Dicek! Bocoran Formasi Prioritas Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Menurut MenPANRB/--www.ayobogor.com

Buruan Dicek! Bocoran Formasi Prioritas Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Menurut MenPANRB

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan formasi yang menjadi prioritas dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2024.

 

Dalam koordinasi persiapan GovTech dan rekrutmen ASN 2024 pada Selasa 2 Januari 2024, Azwar Anas menyatakan bahwa pemerintah berencana membuka rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, baik untuk CPNS maupun PPPK, guna memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di instansi pemerintah.

BACA JUGA:Informasi Lengkap Seleksi CPNS 2024 Disampaikan Langsung Presiden Jokowi

Dalam rencana pendaftaran CPNS 2024, MenPANRB menekankan prioritasnya pada kebutuhan ASN dalam sektor pelayanan dasar, terutama tenaga guru dan tenaga kesehatan.

Selain itu, fokus juga ditujukan pada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai mandat UU No. 20/2023 tentang ASN. Tahun ini, pemerintah akan memberikan kesempatan lebih besar bagi para lulusan baru.

 

Menurut Azwar Anas, selain guru dan tenaga kesehatan, pemerintah juga akan memberikan peluang lebih luas bagi talenta digital.

 

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo akan mengumumkan pembukaan seleksi ASN 2024. Kebijakan di tahun 2024 diharapkan dapat mengurangi dampak transformasi digital terhadap jabatan sebanyak mungkin.

BACA JUGA:Awal Tahun 2024, Presiden Jokowi Bakal Umumkan Pembukaan Rekrutmen CPNS 2024

Lebih lanjut, MenPAN-RB mendorong agar turunan UU No. 20/2023 tentang ASN, seperti Rancangan Peraturan Presiden, segera diselesaikan. Peraturan tersebut diharapkan menjadi panduan bagi para ASN dan akan mempercepat implementasi layanan administrasi pemerintah, terutama dalam layanan administrasi elektronik prioritas.

 

Sumber: