Awal Tahun 2024, Presiden Jokowi Bakal Umumkan Pembukaan Rekrutmen CPNS 2024

Awal Tahun 2024, Presiden Jokowi Bakal Umumkan Pembukaan Rekrutmen CPNS 2024

Awal Tahun 2024, Presiden Jokowi Bakal Umumkan Pembukaan Rekrutmen CPNS 2024/--antaranews.com

Awal Tahun 2024, Presiden Jokowi Bakal Umumkan Pembukaan Rekrutmen CPNS 2024

RK ONLINE - Presiden Jokowi akan secara resmi mengumumkan pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Januari 2024. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Anas menekankan pentingnya para pencari kerja memenuhi kriteria formasi yang akan dibuka pada rekrutmen tersebut.

 

Salah satu kriteria yang akan banyak dibuka dalam CPNS 2024 adalah bagi lulusan baru, baik lulusan SMA sederajat maupun perguruan tinggi (fresh graduate).

BACA JUGA:Kado Spesial Tahun Baru 2024 dari Pemerintah Untuk Tenaga Honorer

Menurut Menpan RB, keputusan pemerintah untuk memberikan ruang lebih besar kepada fresh graduate dalam CPNS tahun ini dipengaruhi oleh kuota yang terbatas pada tahun-tahun sebelumnya.

 

- Kuota dan Rencana Rekrutmen Fresh Graduate

Meskipun demikian, Menpan RB belum mengungkapkan secara detail berapa kuota yang akan disediakan pemerintah untuk fresh graduate dalam tes CPNS awal tahun depan. Dia menyatakan bahwa informasi terkait kuota CPNS untuk lulusan baru akan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi pada awal tahun.

 

- Kebutuhan Calon Hakim dan Pemenuhan ASN 2024

Pemerintah juga merencanakan rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) atau CPNS 2024 untuk memenuhi kebutuhan calon hakim (cakim) di tahun tersebut. Kementerian PANRB menyediakan formasi untuk calon hakim, mempertimbangkan kekurangan yang signifikan.

BACA JUGA:Tahun Baru Tinggal Hitung Hari, Rekrutmen CPNS 2024 Akan Segera Dibuka!

Pengadaan calon hakim dilakukan untuk mengisi kebutuhan Hakim yang berasal dari pegawai negeri sipil (PNS). Seleksi cakim akan dilakukan dari calon hakim yang sudah menjadi PNS, memenuhi kualifikasi sebagai Calon Hakim di lingkungan Mahkamah Agung.

Sumber: