Begini Tanggapan Menkominfo Soal Internet Gratis, Budi: Kebijakan Pemerintah!

Begini Tanggapan Menkominfo Soal Internet Gratis, Budi: Kebijakan Pemerintah!

Begini Tanggapan Menkominfo Soal Internet Gratis, Budi: Kebijakan Pemerintah!/--antaranews.com

Begini Tanggapan Menkominfo Soal Internet Gratis, Budi: Kebijakan Pemerintah!

RK ONLINE - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, kemungkinan layanan internet gratis di Indonesia bisa menjadi kenyataan. Wacana ini sebelumnya diungkapkan oleh Cawapres nomor urut 3, Mahfud Md, beberapa waktu lalu.

 

Budi menyatakan bahwa layanan internet gratis bisa saja terwujud, bergantung pada kebijakan pemerintah dalam mengatur hal tersebut. 

"Internet gratis memungkinkan, tinggal bagaimana kebijakan kita, kebijakan pemerintah," ujar Budi.

BACA JUGA:15 Tips Mudah Untuk Mempercepat Koneksi Internet HP, Buruan Coba!

Menurutnya, harga paket internet di Indonesia saat ini tergolong murah dibandingkan dengan negara lain di dunia. "Dan sampai saat ini Indonesia termasuk yang termurah dari sisi biaya. Per Gigabyte-nya sangat kompetitif. Urutan ke-4 termurah di dunia dari paket data ya," ungkapnya.

 

Budi juga menegaskan bahwa penerapan layanan internet gratis tidak akan membuat perusahaan telekomunikasi merugi. Bahkan, menurutnya, saat ini pemerintah tengah merancang insentif bagi perusahaan yang berinvestasi dalam pembangunan jaringan telekomunikasi, terutama untuk layanan 5G.

 

"Kita sehatkan industri ini. Kita berlomba-lomba, berkompetisi, banting-banting harga. (Penurunan BHP) bukan, skemanya nanti sedang dikaji Pak Ismail (Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo) lagi dikaji insentifnya. Secepatnya," tambahnya.

BACA JUGA:Proyek BTS 4G Kominfo, Inovasi Internet Gratis Hingga Pelosok Indonesia

Sebelumnya, dalam Debat Cawapres 2024, Mahfud menjanjikan bukan hanya internet yang merata, namun juga koneksi yang cepat dan gratis. Hal ini termaktub dalam program unggulan Ganjar-Mahfud dalam Pemilu 2024. 

 

Sumber: