Proyek BTS 4G Kominfo, Inovasi Internet Gratis Hingga Pelosok Indonesia

Proyek BTS 4G Kominfo, Inovasi Internet Gratis Hingga Pelosok Indonesia

Proyek BTS 4G Kominfo, Inovasi Internet Gratis Hingga Pelosok Indonesia/--www.indotelko.com

Proyek BTS 4G Bakti Kominfo, Inovasi Internet Gratis Hingga Pelosok Indonesia

RK ONLINE - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan progres terkini dari proyek Base Transceiver Station (BTS) 4G. Mulai tahun 2024, warga di pelosok Indonesia diharapkan dapat menikmati layanan internet secara gratis.

 

Proyek BTS 4G Bakti Kominfo bertujuan untuk memastikan akses internet tersedia di fasilitas layanan publik di daerah terpencil, terdepan, dan terluar (3T). Menurut Direktur Utama Bakti, Fadhilah Mathar, di tahun 2024, semua lokasi BTS yang sedang dibangun diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA:Menteri Kominfo Apresiasi Hasil Pengujian Koneksi Internet Satria-1

Beda dengan operator seluler, Bakti Kominfo fokus membangun BTS 4G di lokasi yang dianggap tidak komersial. Hal ini diharapkan dapat membantu menyamakan konektivitas di Indonesia yang selama ini masih memiliki kesenjangan digital.

 

"Fokus kita adalah di desa-desa yang mungkin sebelumnya tidak memiliki layanan seluler atau internet," ujarnya.

 

Proyek BTS 4G Bakti Kominfo yang sebelumnya terhenti di 5.618 lokasi kini telah diselesaikan. Namun, untuk infrastruktur telekomunikasi di area yang berisiko tinggi (kahar), Bakti masih mencari solusi terbaik.

 

"Ada sekitar 730 lokasi yang saat ini sedang kami evaluasi apakah bisa segera diaktifkan, tapi ini tergantung pada aspek keamanan," jelas Direktur Utama Bakti.

BACA JUGA:Yuk Belanja! Sekarang TikTok Shop Secara Resmi Kembali Beroperasi Usai Daftar di Kominfo

Indah, sapaan akrabnya, menekankan bahwa desa-desa yang sebelumnya tidak terhubung dapat merasakan akses internet seperti daerah lainnya. Dia menjelaskan beberapa solusi yang sedang dipertimbangkan, seperti penggunaan akses internet yang lebih cepat.

Sumber: