Muslim Wajib Tahu! Ternyata Ada Tanda-Tanda Rezeki yang Membawa Azab dari Allah SWT

Muslim Wajib Tahu! Ternyata Ada Tanda-Tanda Rezeki yang Membawa Azab dari Allah SWT

Muslim Wajib Tahu! Ternyata Ada Tanda-Tanda Rezeki yang Membawa Azab dari Allah SWT/---www.freepik.com

Muslim Wajib Tahu! Ternyata Ada Tanda-Tanda Rezeki yang Membawa Azab dari Allah SWT

RK ONLINE - Rezeki, dalam berbagai bentuknya, dianggap sebagai anugerah dari Allah SWT. Namun, tidak semua rezeki membawa berkah. Ada tanda-tanda tertentu yang menunjukkan bahwa apa yang tampak sebagai rezeki sejatinya adalah azab dari Allah SWT. Hal ini dikenal dengan istilah istidraj. Apa saja tanda-tanda rezeki yang membawa azab Allah SWT yang perlu diketahui?

BACA JUGA:Bunuh Diri Makin Marak Islam Solusinya

1. Kesenangan Duniawi saat Keimanan Menurun

Tanda pertama istidraj adalah ketika kesenangan duniawi melimpah, namun keimanan dan ketaatan kepada Allah menurun. Menurut penulis Frans Hendarsah dan Rahmi Herliani dalam buku "Mengeluhlah karena Kita Membutuhkannya", pemberian materi dari Allah sebagai hasil perbuatan dosa merupakan istidraj.

 

Ini sesuai dengan Al An'am ayat 44 yang menyatakan bahwa saat mereka melupakan peringatan, Allah membukakan pintu-pintu kesenangan, namun kemudian menimpakan azab secara tiba-tiba.

 

فَلَمَّا نَسُوْا مَا ذُكِّرُوْا بِهٖ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ اَبْوَابَ كُلِّ شَيْءٍۗ حَتّٰٓى اِذَا فَرِحُوْا بِمَآ اُوْتُوْٓا اَخَذْنٰهُمْ بَغْتَةً فَاِذَا هُمْ مُّبْلِسُوْنَ

Artinya: Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.

BACA JUGA:Bisa Jadi Berdosa, Ketahuilah Kalau Ada 5 Waktu Yang Diharamkan Untuk Sholat Dalam Islam

2. Jarang Terkena Penyakit

Orang yang mendapat istidraj jarang jatuh sakit, padahal sakit bisa menjadi bentuk pengampunan dosa. Imam Syafii pernah mengatakan bahwa orang yang tak pernah sakit, sebaiknya menengok ke belakang karena ada yang mungkin salah dengan dirinya.

 

Sumber: