Pemerintah Janjikan Penerimaan CASN Bakal Lebih Sering dari Sebelumnya

Pemerintah Janjikan Penerimaan CASN Bakal Lebih Sering dari Sebelumnya

Pemerintah Janjikan Penerimaan CASN Bakal Lebih Sering dari Sebelumnya/---istimewah

Pemerintah Janjikan Penerimaan CASN Bakal Lebih Sering dari Sebelumnya

RK ONLINE - Pemerintah Indonesia telah merilis berita menggembirakan bagi warga yang bercita-cita menjadi abdi negara.

Penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) akan lebih fleksibel dan terbuka lebih sering dari sebelumnya. Dalam sebuah pernyataan, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen, menyatakan bahwa dalam setahun, bisa ada hingga tiga atau empat kali pembukaan seleksi.

BACA JUGA:Sanksi dan Kewajiban Dalam Seleksi CASN Tahun 2023

Perubahan ini terjadi setelah disahkannya Undang-Undang ASN baru oleh DPR. UU tersebut mengatur bahwa penerimaan ASN bisa dilakukan lebih sering dibandingkan dengan peraturan sebelumnya.

 

Pemerintah pusat dan daerah sering merekrut tenaga honorer untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan oleh ASN yang telah pensiun atau meninggal. Saat ini, turunan aturan dari undang-undang tersebut sedang dalam tahap penyusunan oleh pemerintah.

 

Suharmen menjelaskan bahwa pembukaan seleksi CASN yang lebih sering memerlukan persiapan lintas lembaga dan kementerian. Sebagai contoh, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus menyiapkan soal-soal ujian karena sebelumnya soal ujian CASN hanya digunakan sekali. Dengan fleksibilitas ini, soal-soal baru harus disiapkan setiap kali ada pembukaan lowongan CASN.

BACA JUGA:Pengadaan CASN 2024 MenpanRB dan Menkeu Sebut Fokus Fresh Graduate

Meskipun demikian, Suharmen memastikan bahwa kebijakan ini akan memungkinkan perekrutan setiap saat. Namun, ia juga menekankan bahwa pelaksanaan model seleksi ini masih memerlukan persiapan yang matang dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta lembaga dan kementerian terkait lainnya.

 

"Diharapkan kebijakan ini akan mengarah pada perekrutan yang dapat dilakukan setiap saat. Persiapan yang matang dari semua pihak terlibat akan menjadi kunci sukses implementasi kebijakan ini," ujar Suharmen.

BACA JUGA:Lewat Layanan Helpdesk, BKN Terima 39.001 Keluhan Peserta Seleksi CASN 2023

Sumber: