Daftar Lengkap 11 Korban Tewas Akibat Letusan Gunung Marapi Sumbar

Daftar Lengkap 11 Korban Tewas Akibat Letusan Gunung Marapi Sumbar

Daftar Lengkap 11 Korban Tewas Akibat Letusan Gunung Marapi Sumbar---bisnis.com

 

Namun, dua belas orang masih hilang, dan ketiga orang yang selamat ditemukan dalam kondisi lemah dan beberapa mengalami luka bakar, Video yang dibagikan oleh tim penyelamat menunjukkan upaya evakuasi yang sulit, dengan ambulans membunyikan sirene dan pendaki dievakuasi dengan luka bakar. Letusan yang masih berlangsung menghambat evakuasi udara menggunakan helikopter.

BACA JUGA:Begini Himbauan Bupati Tanah Datar Untuk Warga Pasca Erupsi Gunung Marapi

Rudy Rinaldi, Kepala Badan Mitigasi Bencana Sumatera Barat, mengatakan bahwa beberapa pendaki yang diselamatkan memerlukan perawatan medis karena lokasinya yang dekat dengan letusan. 

 

"Ada yang mengalami luka bakar karena panas sekali, dan sudah dibawa ke rumah sakit. Mereka yang terluka adalah mereka yang mendekati kawah," ujarnya.

 

Petugas stasiun pemantau Gunung Marapi Ahmad Rifandi, menambahkan bahwa hujan abu terjadi setelah letusan, bahkan sampai ke Kota Bukittinggi, yang merupakan kota terbesar ketiga di Sumbar dengan penduduk lebih dari 100.000 jiwa.

BACA JUGA:Begini Himbauan Bupati Tanah Datar Untuk Warga Pasca Erupsi Gunung Marapi

Pejabat badan bencana setempat, Ade Setiawan, menyampaikan bahwa warga di desa setempat diberi masker dan diingatkan untuk tetap berada di dalam rumah mereka. Gunung Marapi saat ini berada pada tingkat siaga kedua dari sistem empat langkah di Indonesia, dengan pihak berwenang memberlakukan zona eksklusi sepanjang tiga kilometer di sekitar kawahnya.

 

Indonesia, yang terletak di Cincin Api Pasifik, sering menghadapi aktivitas vulkanik dan seismik tinggi karena pertemuan lempeng benua. Negara ini memiliki hampir 130 gunung berapi aktif.

Sumber: