3 Fakta Video Viral Erupsi Gunung Tangkuban Perahu

3 Fakta Video Viral Erupsi Gunung Tangkuban Perahu

3 Fakta Video Viral Erupsi Gunung Tangkuban Perahu/---www.tribunnews.com

3 Fakta Video Viral Erupsi Gunung Tangkuban Perahu

RK ONLINE - Masyarakat di Bandung, Jawa Barat, dihebohkan dengan pesan berantai dan video viral yang menyatakan bahwa Gunung Tangkuban Perahu mengalami erupsi pada Kamis, 7 Desember 2023. 

 

Video tersebut juga ramai di media sosial TikTok, menunjukkan asap hitam dan putih membumbung ke langit, serta sejumlah orang berusaha menjauh dari kepulan asap itu.

BACA JUGA:Heboh! Gunung Tangkuban Perahu Erupsi, Pengunjung Terpantai Bergegas Evakuasi Kendaraan

Namun, faktanya video yang tersebar adalah rekaman lama dari erupsi Gunung Tangkuban Perahu yang terjadi pada Juli 2019. 

 

Video itu menampilkan awan panas naik dari kawah gunung tersebut. Ini menegaskan bahwa informasi yang beredar adalah keliru atau disinformasi karena video tersebut sudah empat tahun lalu.

 

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan, hingga Kamis, 7 Desember 2023, Gunung Tangkuban Perahu berada dalam kondisi level normal atau level 1.

 

Hendra menegaskan bahwa klaim video tentang erupsi pada 7 Desember 2023 adalah salah. Peristiwa dalam video itu sebenarnya adalah erupsi yang terjadi pada Juli 2019.

BACA JUGA:75 Orang Ditemukan 23 Orang Meninggal Dunia, Proses Pencarian Korban Erupsi Gunung Marapi Sumbar Dihentikan

Berikut ini sederet fakta Terkait Video Viral yang telah dirangkum radarkepahiang.id dari beberapa sumber terpercaya:

Sumber: