Waspada! Gunung Gede Pangrango Keluarkan Gas Beracun, Hindari Area Daerah Ini!

Waspada! Gunung Gede Pangrango Keluarkan Gas Beracun, Hindari Area Daerah Ini!

Waspada! Gunung Gede Pangrango Keluarkan Gas Beracun, Hindari Area Daerah Ini!/---istimewah

Waspada! Gunung Gede Pangrango Keluarkan Gas Beracun, Hindari Area Daerah Ini!

RK ONLINE - Pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) telah mengeluarkan peringatan kepada para pendaki untuk menjauhi area kawah Gunung Gede Pangrango sejauh 1,5 kilometer.

 

Menurut Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji Prabowo, kondisi penghujan dengan kelembaban tinggi dapat memicu penumpukan gas beracun di sekitar kawah gunung.

BACA JUGA:3 Fakta Video Viral Erupsi Gunung Tangkuban Perahu

“Sangat penting untuk tidak mendekati area kawah dan puncak, terutama saat hujan karena ada risiko gas beracun,” ungkap Sapto.

 

Saat ini, kawah gunung yang terletak di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat, berada pada level 1 dan aktif. Meskipun kondisi cuaca di kawasan konservasi relatif normal, pendaki diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan perlengkapan dengan baik.

 

Rekomendasi termasuk membawa thermal blanket saat melakukan pendakian di musim hujan. Meskipun aktivitas pendakian akan tetap dibuka hingga akhir tahun, setelah itu akan ditutup sementara selama tiga bulan.

BACA JUGA:Heboh! Gunung Tangkuban Perahu Erupsi, Pengunjung Terpantai Bergegas Evakuasi Kendaraan

“Penutupan ini rutin dilakukan untuk memulihkan ekosistem kawasan, terutama ketika kondisi cuaca cenderung ekstrem,” tambah Sapto.

 

Sebagai informasi tambahan, Gas beracun yang dimaksud merupakan Gas-gas yang berasal dari magma antara lain gas H2O, CO2, SO2, H2S, HCl, CO, dan Nitrogen. Gas gunung api yang berkonsentrasi di atas ambang batas bersifat racun sehingga dapat melemaskan bahkan menewaskan manusia atau binatang, terdapat pada kawah atau bekas lubang letusan.

Sumber: