Kasihan! Mengidap Penyakit Langka Warga Pasar Ujung Kini Butuh Uluran Tangan

Kasihan! Mengidap Penyakit Langka Warga Pasar Ujung Kini Butuh Uluran Tangan

Lia Hardiana, warga Pasar Ujung Kepahiang yang membutuhkan uluran tangan karena mengidap penyakit langka.--Radarkepahiang.id

Kasihan! Mengidap Penyakit Langka Warga Pasar Ujung Kini Butuh Uluran Tangan

RK ONLINE - Lia Hardiana (21), warga Jalan Veteran, Kelurahan Pasar Ujung, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, saat ini sangat membutuhkan uluran tangan dari para dermawan.

Mengidap penyakit langka yang sejak lama menggerogoti tubuhnya, saat ini wanita cantik yang sebelumnya dikenal aktif ini hanya terbaring lemas dan tak berdaya.

BACA JUGA:Libur Panjang dan Cuti Bersama Tahun 2024, Jadwal Berharga untuk Perencanaan

Lia didiagnosa mengidap penyakit Refractory Anaemia Without Sideroblasts atau Anemia Aplastik. Penyakit ini merupakan peyakit langka yang jarang terjadi. Dengan penyakit yang dialaminya tersebut, tubuh Lia saat ini berhenti memproduksi cukup sel darah baru sesuai dengan kebutuhan tubuh pada umumnya. 

 

Penyakit ini berkembang sebagai akibat dari kerusakan sumsum tulang yang dialaminya. Kerusakan ini pula terjadi bisa dari sejak lahir atau terjadi paparan radiasi, kemotrapi, bahan kimia beracun, obat tertentu atau infeksi.

 

Anggun yang merupakan kerabat Lia menuturkan, tubuh Lia telah bertarung melawan penyakit tersebut selama 1 tahun. Hanya saja selama 6 bulan belakangan ini, tubuh Lia semakin melemah hingga membuat kondisi tubuhnya menjadi semakin tidak stabil dan kian memprihatinkan.

 

"Lia sakit sudah selama 1 taun ini, hanya saja dalam 6 bulan terakhir penyakitnya semakin parah dan membuat tubuhnya semakin lemah," ujar Anggun.

BACA JUGA:Mulai 2024 Pemerintah Terapkan Aturan Baru Pembelian Elpiji 3 Kg, Ini Cara Mudahnya!

Bahkan menurut Anggun, buah hati dari Suhardi dan Ibu Sarmina ini telah 6 bulan berhenti melakukan aktivitas rutinnya. Sebelum kondisinya melemah, Lia diketahui merupakan seorang mahasiswi yang sedang mengenyam bangku pendidikan di Universitas Politeknik Rafflesia Rejang Lebong. Bahkan kegigihan Lia dalam berkuliah, telah membawanya hingga sampai pada semester lima.

 

Sumber: