5 Tips Memasak Beras Merah Agar Tidak Keras, Nikmat dan Penuh Gizi

5 Tips Memasak Beras Merah Agar Tidak Keras, Nikmat dan Penuh Gizi

5 Tips Memasak Beras Merah Agar Tidak Keras, Nikmat dan Penuh Gizi/---freepik.com

5 Tips Memasak Beras Merah Agar Tidak Keras, Nikmat dan Penuh Gizi

RK ONLINE - Konsumsi beras merah kini menjadi pilihan bagi mereka yang menjalani gaya hidup sehat. Beras ini dikenal sebagai sumber karbohidrat kompleks yang lebih kaya serat, rendah gula, dan kalori jika dibandingkan dengan nasi putih.

 

Namun, beberapa orang sering mengeluhkan tekstur keras beras merah saat disantap. Mencampur beras merah dengan beras putih sering menjadi solusi, tetapi ini tidak disarankan.

BACA JUGA:Di Luar Negeri, Gubernur BI Bangga Bisa Beli Durian Menggunakan QRIS Indonesia

Menurut Prof. Dr. Ir. Ali Zum Mashar, mencampur beras merah dan putih bisa mengurangi manfaat dari beras merah itu sendiri. Nasi putih yang memiliki karbohidrat dan gula tinggi akan mengurangi manfaat kesehatan yang diharapkan dari beras merah.

 

Lebih lanjut, Prof. Ali, yang telah meneliti berbagai varietas beras merah, mengungkap bahwa beras merah mengandung tinggi protein dan serat, termasuk varietas Trisakti Golden, yang dikembangkan untuk produksi beras merah oleh HealthyGo.

 

Tips Memasak Beras Merah yang Tepat

Prof. Ali membagikan beberapa tips saat memasak beras merah untuk memastikan rasanya nikmat dan gizinya tetap terjaga:

BACA JUGA:Tips dan Trik Membuat Tulisan Keren di WhatsApp

1. Mencuci Beras

Beras merah bisa dicuci jika diinginkan. Satu kali pencucian sudah cukup. Biasanya, beras merah perlu direndam sekitar 2-4 jam sebelum dimasak untuk memudahkan proses memasaknya.

Sumber: