Tertangkap Basah! Mahasiswa Jember Jadi Pelaku Joki SKD CPNS

Tertangkap Basah! Mahasiswa Jember Jadi Pelaku Joki SKD CPNS

Tertangkap Basah! Mahasiswa Jember Jadi Pelaku Joki SKD CPNS/---Humas Kemenkumham Jatim

Tertangkap Basah! Mahasiswa Jember Jadi Pelaku Joki SKD CPNS

RK ONLINE- Seorang mahasiswi dengan inisial IM dari salah satu kampus di Jember terlibat dalam praktik perjokian pada Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS). Upaya perjokian tersebut berhasil digagalkan oleh panitia daerah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur pada hari Selasa.

 

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur Heni Yuwono, menjelaskan bahwa upaya perjokian ini terungkap saat proses verifikasi berkas dan pelayanan pin registrasi. Saat ini, IM telah diserahkan ke pihak kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut.

BACA JUGA:Aksi Curang Terbongkar! Wanita Muda Tertangkap Jadi Joki Tes CPNS 2023 di Lampung

Dalam pendalaman kasus ini, IM diketahui berniat untuk menjadi joki bagi seorang peserta dengan inisial AM, yang merupakan calon peserta SKD CPNS Kemenkumham dari Kabupaten Jombang.

 

"Hari ini, AM mendaftar untuk posisi Penjaga Tahanan dan dijadwalkan mengikuti ujian pada sesi ketiga," ungkap Heni.

 

Heni mengungkapkan bahwa pelaku IM gagal masuk ke lokasi tes yang berada di Auditorium Politeknik Pelayaran Surabaya. Panitia mencurigai IM saat masuk ke pos pemeriksaan biometrik dan pin registrasi.

 

"Sistem menunjukkan notifikasi bahwa data biometrik tidak sesuai dengan fisik asli yang bersangkutan," jelas Heni.

BACA JUGA:Joki CPNS Kemenkumham 2023 Diamankan, Begini Pengakuan Pelaku!

Perbedaan paling mencolok terdapat pada foto di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Peserta Ujian, yang menunjukkan ciri fisik yang agak gemuk, sedangkan IM sebenarnya memiliki postur tubuh yang kurus. Panitia kemudian mengamankan mahasiswa semester 7 dari Fakultas Teknik Lingkungan.

Sumber: