Aksi Curang Terbongkar! Wanita Muda Tertangkap Jadi Joki Tes CPNS 2023 di Lampung

Aksi Curang Terbongkar! Wanita Muda Tertangkap Jadi Joki Tes CPNS 2023 di Lampung

Aksi Curang Terbongkar! Wanita Muda Tertangkap Jadi Joki Tes CPNS 2023 di Lampung/---www.lampost.co

Aksi Curang Terbongkar! Wanita Muda Tertangkap Jadi Joki Tes CPNS 2023 di Lampung

RK ONLINE - Sebuah kejadian mengejutkan terjadi di gedung Graha Achava Join, Jalan Pramuka No. 27, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung, pada Senin, 13 November 2023. Seorang wanita muda berinisial RT (20) tertangkap tangan menjadi joki tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023.

 

Tim PAM SDO Intelijen Kejati Lampung bekerja sama dengan panitia pengawas tes CPNS berhasil mengungkap aksi curang ini. Kasipenkum Kejati Lampung, Ricky Ramadhan, menjelaskan bahwa kejanggalan terungkap saat tim menemukan ketidakcocokan wajah antara peserta sebenarnya dengan joki.

BACA JUGA:Tahapan Lengkap Setelah SKD CPNS 2023 Mulai Pengumuman Hasil Hingga Pelantikan

"Pada saat registrasi pengambilan PIN, terjadi ketidakcocokan wajah asli dengan foto pada data aplikasi, sehingga tim melakukan interogasi," ujar Ricky Ramadhan.

 

Pelaku, dengan berpura-pura menjadi peserta dan membawa nomor peserta ujian serta KTP, mengalami kendala saat memasuki meja registrasi dan pemeriksaan wajah serta identitas. Wajahnya tidak dapat terdeteksi oleh aplikasi registrasi.

 

Panitia pun meminta pelaku untuk menunggu terlebih dahulu di kursi peserta. Setelah pemeriksaan lebih lanjut, diketahui bahwa foto di KTP pelaku sama dengan identitas peserta lain yang tertinggal di hari sebelumnya.

BACA JUGA:Pelaksanaan SKD CPNS 2023 Menggunakan Metode CAT, Sertifikat SKD Bisa Diunduh Secara Online

Saat ini wanita tersebut diamankan dan dilaporkan ke pihak kepolisian guna pemeriksaan lebih lanjut,� tambah Ricky.

 

Aksi curang ini menjadi peringatan bagi panitia tes CPNS untuk semakin meningkatkan pengawasan guna mencegah praktik curang yang dapat merugikan peserta lainnya. Semua pihak dihimbau untuk menjaga integritas dan kejujuran dalam menjalani proses seleksi CPNS 2023.

Sumber: