Joki CPNS Kemenkumham 2023 Diamankan, Begini Pengakuan Pelaku!

Joki CPNS Kemenkumham 2023 Diamankan, Begini Pengakuan Pelaku!

Joki CPNS Kemenkumham 2023 Diamankan, Begini Pengakuan Pelaku!/---Istimewah-

Joki CPNS Kemenkumham 2023 Diamankan, Begini Pengakuan Pelaku!

RK ONLINE - Seorang joki Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) berusia 24 tahun, yang dikenal sebagai MH, berhasil ditangkap saat menjalani Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Universitas Islam Makassar (UIM) pada Minggu 12 November 2023. 

 

Iptu Jeriyadi, Kanit Reskrim Polsek Tamalanrea, mengonfirmasi penangkapan tersebut dan menjelaskan bahwa MH telah diserahkan ke Polrestabes Makassar untuk pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA:Tahapan Seleksi CPNS 2023 Segera Terakhir, Berikut Penjelasan Terkait Pengumuman Finalnya

"Iya betul ada joki CPNS diamankan oleh panitia kemarin. Tadi pagi pelaku kita serahkan ke Polrestabes," kata Jeriyadi.

 

Informasi yang diperoleh menunjukkan bahwa panitia memiliki kecurigaan terhadap MH saat melakukan proses registrasi. Postur tubuh MH dan foto yang diunggah pada saat pendaftaran terlihat tidak sesuai.

 

Secara fisik, MH memiliki tubuh yang berisi, sementara di foto kartu peserta terlihat kurus. Meskipun demikian, panitia membiarkan MH mengikuti Computer Assisted Test (CAT).

BACA JUGA:Kapan Pengumuman Hasil SKD CPNS 2023 Diumumkan dan Apa Tahapan Selanjunya?

Kecurigaan panitia semakin meningkat setelah tes SKD MH mendapatkan nilai tertinggi ketiga di sesinya, yaitu 416. Panitia memutuskan untuk menginterogasi MH, yang akhirnya mengakui bahwa dirinya adalah seorang joki.

 

"Dalam video yang diterima, MH mengatakan, 'Saya MH menggantikan SI untuk mengikuti ujian (CPNS) Kemenkumham pada hari ini 12 November 2023,'" ungkap Jeriyadi.

Sumber: