Fitur Baru WhatsApp, Sekarang Bisa Menyembunyikan Alamat IP Saat Melakukan Panggilan Suara

Fitur Baru WhatsApp, Sekarang Bisa  Menyembunyikan Alamat IP Saat Melakukan Panggilan Suara

Fitur Baru WhatsApp, Sekarang Bisa Menyembunyikan Alamat IP Saat Melakukan Panggilan Suara/---freepik.com

Fitur Baru WhatsApp, Sekarang Bisa  Menyembunyikan Alamat IP Saat Melakukan Panggilan Suara

RK ONLINE - WhatsApp, platform perpesanan instan, telah memperkenalkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna menyembunyikan alamat Internet Protocol (IP) perangkat mereka saat melakukan panggilan suara. 

 

Alamat IP berfungsi sebagai identitas unik perangkat di internet atau jaringan lokal, dan informasi seperti lokasi geografis dan penyedia internet dapat terkandung dalam alamat IP.

 

Dengan fitur ini, baik pembuat maupun penerima panggilan suara tidak dapat melihat alamat IP lawan bicaranya. Ini meningkatkan keamanan karena informasi yang dapat digali dari alamat IP tidak dapat diakses.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan, Coba Sekarang!

Cara kerjanya melibatkan server WhatsApp sebagai perantara untuk panggilan suara, menggantikan koneksi langsung antar perangkat atau peer-to-peer (P2P), seperti yang biasa terjadi dalam panggilan suara WhatsApp. 

 

Panggilan suara yang dialihkan ke server WhatsApp Server juga dilindungi oleh sistem enkripsi ujung ke ujung (E2E Encryption), sehingga WhatsApp sendiri tidak dapat mengetahui isi pembicaraan pengguna.

 

Meskipun fitur ini meningkatkan keamanan, ada kekurangan yang harus diakui. Menyembunyikan alamat IP dapat mengurangi kualitas panggilan suara karena kecepatan transfer datanya lebih lambat daripada koneksi P2P.

BACA JUGA:Pembaruan Lagi, WhatsApp Berencana Tambahkan Iklan dan Fitur Berlangganan

Fitur ini sudah tersedia di Indonesia untuk WhatsApp Android versi 2.23.23.78. Pengguna dapat mengaktifkannya melalui menu "Settings", klik "Privacy", lalu gulir layar sampai menemukan tulisan "Advanced". Di dalam menu "Advanced", pengguna akan menemukan opsi "Protect IP address in calls" yang dapat diaktifkan dengan menggeser toggle di sebelah kanan.

Sumber: