Persiapan TKP CPNS 2023, Ini Kisi-Kisi Berikut Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi Beserta Jawabannya

Persiapan TKP CPNS 2023, Ini Kisi-Kisi Berikut Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi Beserta Jawabannya

Persiapan TKP CPNS 2023, Ini Kisi-Kisi Berikut Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi Beserta Jawabannya/---tryoutcpns.id

Persiapan TKP CPNS 2023, Ini Kisi-Kisi Berikut Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi Beserta Jawabannya

RK ONLINE - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2023 semakin mendekati tahap pengujian, dan salah satu tahap penting adalah Tes Karakteristik Pribadi.

Tes ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pribadi dan kemampuan komunikasi calon pegawai. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri, kami akan memberikan contoh-contoh soal untuk Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2023.

 

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah mengumumkan kisi-kisi soal tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2023. Dalam pengumuman ini, terdapat informasi penting terkait materi dan jumlah soal yang akan diujikan dalam tes SKD CPNS 2023.

BACA JUGA:Resmi Tayang di Netflix, Begini Sinopsis Film Dokumenter Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso

Dalam Kisi-kisi soal tes SKD CPNS 2023, salah satunya termaksud Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Soal TKP CPNS 2023 bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam enam bidang, yaitu:

 

- Pelayanan publik: Tes ini mengevaluasi kemampuan peserta dalam menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja efektif untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.

- Jejaring kerja: Tes ini menilai kemampuan peserta dalam membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi, dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.

- Sosial budaya: Tes ini menguji kemampuan peserta untuk beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk yang terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya.

BACA JUGA:Persiapan Seleksi PPPK 2023 Formasi Arsiparis, Simak Kisi-Kisi Materi Serta Contoh Soal Berikut Jawabannya

- Teknologi informasi dan komunikasi: Tes ini menilai kemampuan peserta dalam memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.

- Profesionalisme: Tes ini menguji kemampuan peserta dalam melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.

Sumber: