Rebutan Setengah Ton Ikan Lele, Ratusan Warga Kepahiang Rela Mandi Lumpur Meriahkan HUT Ika Semaku

Rebutan Setengah Ton Ikan Lele, Ratusan Warga Kepahiang Rela Mandi Lumpur Meriahkan HUT Ika Semaku

Ratusan warga Kepahiang rela mandi lumpur memperebutkan setengah ton ikan Lele dalam rangka HUT ke 1 Ika Semaku Kepahiang/---Istimewah-

Rebutan Setengah Ton Ikan Lele, Ratusan Warga Kepahiang Rela Mandi Lumpur Meriahkan HUT Ika Semaku

RK ONLINE - Untuk memperebutkan setengah ton Ikan Lele, Sabtu 7 Oktober 2023 ratusan warga Kepahiang rela mandi lumpur di SPP Kelobak, Kepahiang, Bengkulu.

Dalam rangka memeriahkan HUT ke 1 Ikatan Keluarga Seluma, Manna dan Kaur (Ika Semaku) Kepahiang, ratusan warga Kepahiang ini nekat mandi lumpur demi mengikuti lomba menangkap ikan Lele yang diselenggarakan oleh Ika Semaku Kepahiang.

 

Ketua Ika Semaku Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd menuturkan bahwa lomba menangkap ikan Lele ini, diselenggarakan dalam rangka merayakan HUT Ika Semaku ke 1. Lomba ini juga dipilih sebagai bentuk untuk melestarikan budaya yang biasa dilakukan oleh Suku Serawai.

BACA JUGA:Diimingi Sate, Pelajar Kepahiang 2 Kali Dilecehkan Paman Sendiri!

"Karena pada zaman dahulu, nenek moyang kita sering melakukan hal serupa sebagai bentuk perayaan atau tradisi," ujar Hartono.

 

Pria yang juga menjabat sebagai Sekda Kepahiang ini mengatakan bahwa lomba menangkap ikan Lele ini, adalah yang kedua kali dilakukan oleh pihaknya. Baik pada perlombaan yang pertama dan juga kedua ini, antusiasme masyarakat tampak sangatlah tinggi.

 

"Ini juga membuktikan bahwa keluarga kita ini banyak, baik yang sesama suku maupun mereka yang tidak sesuku. Semuanya dirangkul dengan rasa persaudaraan yang sama dan kuat," lanjutnya.

 

Sementara itu Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU yang juga merangkap sebagai Pembina Ika Semaku Kepahiang mengungkapkan, keberadaan Ika Semaku di Kabupaten Kepahiang ini telah memberikan warna tersendiri. 

BACA JUGA:Buruh Tani Asal Desa Lubuk Saung Tewas Ditimpa Pohon

Sumber: