Pemerintah Siapkan Rusun Khusus ASN di Ibu Kota Negara, Total 47 Tower Disiapkan

Pemerintah Siapkan Rusun Khusus ASN di Ibu Kota Negara, Total 47 Tower Disiapkan

pemerintah siapkan rusun bagi asn di IKN/---Instagram/@kemenpupr

Pemerintah Siapkan Rusun Khusus ASN di Ibu Kota Negara, Total 47 Tower Disiapkan

RK ONLINE - Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, pemerintah tengah mempersiapkan sejumlah rusun atau rumah susun khusus di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Rencananya, setiap rusun akan ditempati oleh enam orang PNS.

 

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto, mengungkapkan bahwa rencana ini akan menghadirkan total 47 tower yang mampu menampung sekitar 16.000 PNS. 

 

Setiap tower akan terdiri dari 12 lantai, di mana setiap lantainya dilengkapi dengan lima unit apartemen. Dua lantai akan diperuntukkan sebagai fasilitas sosial dan umum, sementara 10 lantai akan difungsikan sebagai hunian.

BACA JUGA:Bangga! Presiden Jokowi Sebut Proyek Pengembangan IKN Nusantara Sebagai Proyek Terbesar di Dunia

Dalam setiap unit apartemen, terdapat sekitar 3 kamar. Dengan perhitungan tersebut, setiap tower akan memiliki sekitar 150 unit apartemen. Iwan menjelaskan bahwa dengan jumlah tower yang ada, diperkirakan antara 7.500 hingga 8.000 orang PNS dapat ditempatkan.

 

"Dalam sistem awal, satu unit apartemen akan diisi oleh tiga orang. Namun, bila diperlukan, tidak menutup kemungkinan akan ada hingga dua orang yang menghuni satu unit," jelas Iwan.

 

Rencananya, seluruh pembangunan 47 tower ini akan selesai pada akhir tahun 2024. Dalam rangka menyambut perayaan Upacara 17 Agustus 2024 di IKN, 12 tower akan diprioritaskan untuk selesai lebih awal. Pembangunan apartemen ini diharapkan akan dimulai pada pertengahan September.

 

"Kami berharap bahwa sekitar pertengahan September akan dimulai groundbreaking fisik. Pembangunan harus dikerjakan dengan cepat karena pada akhir 2024, semuanya harus sudah selesai. Tahap awal yang direncanakan, minimal 12 tower sudah harus siap huni dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung pada bulan Juli," ungkapnya.

Sumber: