Pendaftaran CASN 2023 Dimulai, Ujian Kesamaptaan Menjadi Tahapan Kunci Lolos Seleksi Polsuspas

Pendaftaran CASN 2023 Dimulai, Ujian Kesamaptaan Menjadi Tahapan Kunci Lolos Seleksi Polsuspas

Tes kesamaptaan salah satu ujian kesehatan seleksi cpns formasi polsuspas/---tarunanusantara.sch.id

Pendaftaran CASN 2023 Dimulai, Ujian Kesamaptaan Menjadi Tahapan Kunci Lolos Seleksi Polsuspas

RK ONLINE - Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 akan segera dibuka pada bulan September mendatang, demikian diumumkan dalam surat resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang ditujukan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Surat tersebut juga menandatangani Plt Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto.

 

Dalam surat tersebut tertera jadwal lengkap penerimaan CPNS 2023, mencakup tahap pengumuman seleksi hingga usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP).

 

Bagi calon pelamar yang akan mengikuti seleksi CPNS Formasi Polsuspas 2023, ujian kesamaptaan menjadi tahap penting yang menantang, mirip dengan ujian fisik atau tes kesehatan. Kesamaptaan, yang berasal dari kata "samapta," mengandung arti siap atau siaga, serta dapat diartikan sebagai kesiapan fisik.

BACA JUGA:Gaji Tembus Rp5,9 Juta, Lulusan SMA Buruan Daftar CPNS Formasi Polsuspas yang Sebentar Lagi Resmi Dibuka

Tes kesamaptaan melibatkan beberapa jenis ujian yang mengukur kesiapan fisik dan daya tahan tubuh. Tes-tes tersebut meliputi lari, push up, sit up, pull up dan chining, serta shuttle run. Setiap jenis tes dirancang untuk menguji kemampuan dan ketahanan calon peserta seleksi.

 

Contohnya adalah tes lari, di mana para peserta diminta untuk berlari selama 12 menit bagi laki-laki, dengan target minimal jarak tempuh 1.200 meter. Sementara untuk perempuan, waktu lari diperpanjang menjadi 14 menit, dengan minimal jarak tempuh yang sama.

 

Selain itu, tes push up digunakan untuk mengukur daya tahan lengan bagian luar tubuh. Standar poin yang harus dicapai dalam tes push up berkisar antara 35 hingga 40 kali bagi laki-laki, dan antara 30 hingga 35 kali dalam waktu 1 menit bagi perempuan.

 

Tes sit up melibatkan gerakan duduk dan bangun, dan bertujuan untuk menguji daya tahan dan fleksibilitas otot perut. Standar poin sit up bagi laki-laki adalah 35-40 kali dalam waktu 1 menit, sementara perempuan diharapkan mampu melakukan minimal 30 kali.

Sumber: