Wacana Bangun Akses Internet di Puskesmas Terpencil, Menkes RI Sambangi Elon Musk

Wacana Bangun Akses Internet di Puskesmas Terpencil, Menkes RI Sambangi Elon Musk

Menkes Budi bersLaman dengan Elon Musk/---www.kemkes.go.id

Wacana Bangun Akses Internet di Puskesmas Terpencil, Menkes RI Sambangi Elon Musk

RK ONLINE - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin baru - baru ini terbang ke Amerika Serikat, Jumat 4 Agustus 2023.

Bukan untuk berjalan - jalan atau refreshing disela kesibukan, namun kunjungan ke negara berjuluk 'Paman Sam' ini adalah dalam rangka untuk menjalin kerjasama dengan orang terkaya nomor 2 di dunia yakni, Elon Musk.

 

Dengan membawa nama Pemerintah Indonesia, Budi berencana untuk menjalin mitra dengan Starlink yang merupakan jaringan satelit milik Elon Musk. Rencana kerjasama ini adalah agar tersedia akses internet di puskesmas yang terletak di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di seluruh Indonesia.

 

"ini adalah upaya kami (Mekses) untuk memastikan layanan kesehatan yang setara dan merata di tanah air indonesia. Puskesmas sebagai garda terdepan untuk menciptakan masyatakat yang sehat, memang harus diperhatikan dan dipastikan untuk memiliki infrastruktr yang memadai," ujar Budi dikutip dari Kemkes.go.id

BACA JUGA:Hobi Main Game Mobile Legend? Ini Tips Menaklukkan Land of Down, Dijamin Menang Terus !

Berdasarkan data terhimpun, saat ini Indonesia memiliki sebanyak 10 ribu lebih puskesmas yang ada di Indonesia masih ada sekitar 2.200 puskesmas yang tidak memiliki akses internet yang memadai. Ditambahlagi saat ini juga ada 11.100 Puskesmas Pembantu (Pustu) yang juga bernasib sama.

 

Menurut Budi, peningkatan konektivitas layanan internet ini dapat mempermudah puskesmas dalam mengakses seluruh layanan kesehatan. Bukan cuma itu saja dengan akses internet ini, kemudahan puskesmas dalam melakukan komunikasi antar daerah bahkan ke tingkat pusat pun juga dapat terjamin.

 

"Aktivitas ini juga mendukung agenda digitalisasi transformasi kesehatan di Indonesia," lanjutnya.

 

Sumber: