Pemprov Riau Keluhkan Kuota CPNS 2023, Ikhwan: Tidak Sebanding!

Pemprov Riau Keluhkan Kuota CPNS 2023, Ikhwan: Tidak Sebanding!

kepala bkd riau Ikhwan Ridwan/---www.halloriau.com

Pemprov Riau Keluhkan Kuota CPNS 2023, Ikhwan: Tidak Sebanding!

RK ONLINE- Pemerintah Provinsi Riau hingga saat ini terpaksa mengandalkan tenaga harian lepas (THL) atau tenaga honorer untuk menyelesaikan berbagai tugas teknis di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

 

Hal ini disebabkan oleh jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun jauh lebih banyak daripada jumlah ASN yang diterima melalui penerimaan CPNS setiap tahunnya.

 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan, mengatakan bahwa setiap tahunnya ada sekitar 500 ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau yang pensiun, sementara jumlah ASN yang diterima melalui jalur CPNS hanya beberapa orang saja.

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA! Ada Kuota 330 Orang Untuk Guru PPPK 2023 Kabupaten Kepahiang

Jumlah ini sangat tidak seimbang antara ASN yang pensiun dengan ASN yang diterima melalui CPNS.

 

Satu-satunya cara agar semua pekerjaan dapat diakomodir adalah dengan mengandalkan THL. Inilah alasan mengapa Pemerintah Provinsi Riau enggan melepas THL.

 

"Tentu saja jumlahnya tidak sebanding. Setiap tahun ada 500 ASN yang pensiun sedangkan yang menjadi PNS sedikit karena kuota penerimaannya terbatas. Mau tidak mau, THL yang mengisi posisi-posisi yang diperlukan," kata Ikhwan di Pekanbaru.

 

Ikhwan menjelaskan bahwa karena keterbatasan jumlah tenaga ASN terutama pada bidang teknis, THL menjadi andalan untuk menyelesaikan berbagai tugas dan tanggung jawab di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sumber: