Bercita-cita Menjadi Paspamres, Berikut Syarat dan Prosedur Mengikuti Seleksi Menjadi Paspamres

Bercita-cita Menjadi Paspamres, Berikut Syarat dan Prosedur Mengikuti Seleksi Menjadi Paspamres

syarat dan prosedur menjadi paspampre/---Dok/Radarkepahiang.id

Tes Psikologi

Calon anggota Paspampres harus lulus tes psikologi untuk memastikan kondisi mentalnya. Mereka harus memiliki kestabilan dan ketenangan jiwa agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Mereka juga harus memiliki tingkat kecerdasan (IQ) yang tinggi untuk dapat dengan cepat mengambil langkah yang tepat dan mengevaluasi alternatif-alternatif dalam situasi darurat.

 

Mental Ideologi

Seperti prajurit TNI pada umumnya, anggota Paspampres juga harus meyakini dan mengamalkan ideologi Pancasila. Tes mental ideologi diperlukan untuk memastikan bahwa mereka tidak terpengaruh oleh ideologi atau paham lain yang bertentangan dengan Pancasila.

 

Bela Diri dan Menembak

Dua kemampuan ini harus dimiliki oleh anggota Paspampres, yaitu keterampilan dalam bela diri dan menembak. Para perisai hidup presiden harus menguasai berbagai bentuk bela diri, seperti Taekwondo, Yong Modo, Merpati Putih, Karate, dan seni bela diri campuran (MMA). 

Selain itu, mereka juga harus mahir menembak. Keahlian ini diperlukan untuk melindungi presiden, anggota keluarga, dan pejabat lainnya dalam situasi darurat.

 

Itulah gambaran mengenai syarat dan tahapan seleksi untuk menjadi anggota Paspampres. Proses seleksinya sangat ketat, karena anggota Paspampres memiliki tanggung jawab besar dalam melindungi dan mengamankan Presiden, Wakil Presiden, serta tamu negara penting lainnya.

BACA JUGA:Perhatikan! Berikut Ini Strategi Jitu Agar Lolos Seleksi CPNS 2023

Sumber: