Mengenal Lebih Dekat Paspamres Berikut Dengan Tugas Wajibnya

Mengenal Lebih Dekat Paspamres Berikut Dengan Tugas Wajibnya

mengenal lebih dekat dengan paspampres/---Dok/Radarkepahiang.id

Mengenal Lebih Dekat Paspamres Berikut Dengan Tugas Wajibnya

RK ONLINE - Mari mengenal lebih dekat apa itu Paspamres dan asal usul berdirinya paspamres serta fungsi paspamres, berikut penjelasannya.

 

Sebelumnya, Paspamres atau Pasukan Pengamanan Presiden terlahir pada saat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, TNI, Polri. Pada waktu itu, para pemuda pejuang merasa terpanggil untuk berperan dalam mengamankan Presiden.

 

Para pemuda tersebut terdiri dari kesatuan Tokomu Kosaku Tai yang kemudian menjadi cikal bakal dari Detasemen Kawal Pribadi (DKP) yang bertugas sebagai pengawal pribadi, dan pemuda mantan anggota kesatuan PETA (Pembela Tanah Air) yang bertugas sebagai pengawal Istana.

BACA JUGA:Bercita-cita Menjadi Paspamres, Berikut Syarat Syarat dan Prosedur Menjadi Paspamres

 

Keamanan awal kemerdekaan Republik Indonesia sangat memprihatinkan dan mengancam keselamatan Presiden, terutama saat Jakarta diduduki oleh Belanda pada 3 Januari 1946. 

 

Oleh karena itu, Pringgodigdo, sebagai Sekretaris Negara saat itu, mengeluarkan perintah untuk melaksanakan operasi penyelamatan pimpinan nasional.

 

Dalam pelaksanaan operasi penyelamatan itu, terjadi kerja sama antara kelompok pengamanan yang terdiri dari unsur TNI yang dipimpin oleh Letda Cpm Sukotjo Tjokro Atmodjo dan unsur Kepolisian.

 

Sumber: