Kenapa Oli palsu berbahaya Untuk Mesin Kendaraan? Begini Penjelasannya

Kenapa Oli palsu berbahaya Untuk Mesin Kendaraan? Begini Penjelasannya

Ilustrasi peracikan oli palsu - --shutterstock.com

3. Peredaran ilegal 

Ada juga kasus oli palsu yang diproduksi secara ilegal di dalam negeri dan dijual melalui saluran distribusi ilegal. Ini bisa melibatkan praktik pemalsuan merek dagang atau pengisian ulang kemasan oli bekas dengan produk palsu.

 

4. Penjualan online

Perdagangan online telah menjadi platform yang populer bagi penjual oli palsu. Penjual tidak sah sering kali menggunakan platform online untuk menjual produk palsu dengan harga lebih murah, mengecoh konsumen yang mencari penawaran diskon.

BACA JUGA:Jangan Salah, Ternyata Ada Aturan Waktu Mengganti Oli Mesin dan Oli Transmisi Kendaraan

5. Pemalsuan merek

Ada juga praktik pemalsuan merek, di mana pelaku mencoba meniru merek terkenal dengan membuat kemasan dan label yang mirip. Mereka menggunakan merek yang sudah dikenal untuk menjual produk palsu, mengelabui konsumen yang tidak menyadari perbedaannya.

 

Penting untuk selalu membeli oli dari sumber yang terpercaya, seperti toko resmi, bengkel terkemuka, atau distributor resmi merek oli. 

Jika ada keraguan tentang keaslian oli, penting untuk memeriksa tanda-tanda keaslian, seperti label dan segel produsen, serta memastikan bahwa produk tersebut memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda.

Sumber: