Kenapa Oli palsu berbahaya Untuk Mesin Kendaraan? Begini Penjelasannya

Kenapa Oli palsu berbahaya Untuk Mesin Kendaraan? Begini Penjelasannya

Ilustrasi peracikan oli palsu - --shutterstock.com

Kenapa Oli palsu berbahaya Untuk Mesin Kendaraan? Begini Penjelasannya

RK ONLINE - Kenapa oli palsu bisa berbahaya bagi mesin kendaraan? padahal terlihat sama aja malahan lebih murah dari harga yang asli, nah jika anda masih menyatakan seperti itu, perlu membaca aritike ini hingga selesai.

 

Oli palsu dapat dibuat dengan menggunakan berbagai bahan yang tidak sesuai dengan komposisi dan formulasi oli asli. Bahan-bahan yang mungkin digunakan dalam pembuatan oli palsu termasuk:

 

1. Minyak dasar rendah kualitas

Oli palsu sering kali menggunakan minyak dasar rendah kualitas atau bekas yang tidak memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh produsen oli asli. Minyak dasar yang buruk dapat mengurangi kinerja dan ketahanan oli.

BACA JUGA:Sobat Otomotif, Perhatikan Ini Cara Memilih Oli Sesuai Dengan Jenis Mesin Kendaraan

2. Tambahkan zat pengental

Beberapa pembuat oli palsu mungkin menambahkan zat pengental atau bahan tambahan lainnya untuk meniru viskositas dan sifat pelumas oli asli. Ini dapat menyebabkan ketidakstabilan dan kinerja yang buruk pada mesin.

 

3. Pewarna dan aroma

Oli palsu sering kali ditambahkan dengan pewarna dan aroma untuk membuatnya terlihat dan tercium seperti oli asli. Hal ini bertujuan untuk memperdaya konsumen dan membuat mereka sulit membedakan antara oli palsu dan oli asli.

 

Sumber: