Jangan Salah, Ternyata Ada Aturan Waktu Mengganti Oli Mesin dan Oli Transmisi Kendaraan

Jangan Salah, Ternyata Ada Aturan Waktu Mengganti Oli Mesin dan Oli Transmisi Kendaraan

Ilustrasi menganti oli mobil---shutterstock.com

Jangan Salah, Ternyata Ada Aturan Waktu Mengganti Oli Mesin dan Oli Transmisi Kendaraan 

RK ONLINE - Masyarakat indonesia banyak yang belum tau sebenarnya terkait kapan waktu yang tepat, untuk pergantian oli mesin dan oli transmisi, berdasarkan bulan atau kilometer. Bagi pemilik kendaraan yang masih kebingungan, simak berikut ini penjelasannya.

 

Pengantian oli atau menguras oli pada kendaarann bermotor wajib dilakukan karena jika tidak akan menimbulkan masalah di dalam mesin, namun timbul beberapa pertanyaan kapan waktu yang tepat pengantian oli mesin dan oli transmisi??

 

Perlu diketahui waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin dan oli transmisi dapat bervariasi tergantung pada kendaraan, kondisi penggunaan, dan rekomendasi pabrikan. Namun, berikut ini adalah panduan umum yang dapat diikuti:

BACA JUGA:Marak Oli Palsu, Pengendara Wajib Tau Perbedaan Oli Palsu dan Oli Asli

Oli Mesin 

Interval penggantian oli mesin biasanya berkisar antara 5.000 hingga 10.000 kilometer atau 3 hingga 6 bulan tergantung pada kondisi kendaraan dan jenis oli yang digunakan.

 

Namun, beberapa kendaraan modern dilengkapi dengan sistem pemantauan oli yang memperhitungkan faktor-faktor seperti gaya mengemudi, kondisi jalan, dan suhu mesin. Dalam kasus ini, interval penggantian oli dapat lebih panjang, terkadang mencapai 15.000 hingga 20.000 kilometer.

 

Selalu periksa buku panduan kendaraan Anda atau konsultasikan dengan teknisi untuk mengetahui rekomendasi spesifik untuk kendaraan Anda.

BACA JUGA:Oli Palsu Beredar, Ini Sederet Produk Oli yang Paling Sering Dipalsukan Berikut Cara Menghindarinya

Sumber: