Sobat Otomotif, Perhatikan Ini Cara Memilih Oli Sesuai Dengan Jenis Mesin Kendaraan

Sobat Otomotif, Perhatikan Ini Cara Memilih Oli Sesuai Dengan Jenis Mesin Kendaraan

Ilustrasi memilih oli kendaraan bermotor - --shutterstock.com

Sobat Otomotif, Perhatikan Ini Cara Memilih Oli Sesuai Dengan Jenis Mesin Kendaraan

RK ONLINE - Fungsi oli pada motor sangat penting. Selain untuk meningkatkan kinerja mesin, oli juga berperan dalam mengurangi gesekan, mendinginkan, dan mengontrol kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, penggantian oli secara rutin diperlukan untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.

 

Banyak orang yang masih bingung dalam memilih oli untuk motor mereka. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips dalam memilih oli motor yang baik dan tahan panas. 

 

Selain itu, kami juga akan mengulas beberapa merek oli motor terbaik, seperti Yamalube, Shell, dan Enduro. Artikel ini juga telah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.

BACA JUGA:Selain di Kepahiang, Kasus Oli Palsu Pernah Terjadi di Jatim Dengan Keuntungan Tembus Rp 20 Miliar

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara memilih oli motor, kami akan menjelaskan berbagai jenis oli berdasarkan bahan pembuatannya. Berdasarkan bahan pembuatannya, oli dapat dibedakan menjadi tiga jenis sebagai berikut:

 

1.  Oli mineral Jenis oli ini terbuat dari minyak bumi yang diolah tanpa tambahan bahan aditif. Oli mineral ini umumnya lebih tahan terhadap penguapan, namun kekentalannya mudah berubah karena tidak tahan terhadap cuaca ekstrem dan suhu tinggi.

 

2. Oli sintetis terbuat dari minyak bumi yang diolah kembali dengan tambahan bahan aditif. Oli sintetis ini umumnya lebih mudah menguap, tetapi lebih tahan terhadap cuaca ekstrem.

 

3. Oli semisintetis merupakan perpaduan antara oli mineral dan sintetis. Oli semisintetis lebih cocok digunakan untuk motor keluaran terbaru dengan performa tinggi, seperti motor sport.

Sumber: