Ini Dampak Terburuk Jika Kendaraan Anda Terlanjur Menggunakan Oli Palsu

Ini Dampak Terburuk Jika Kendaraan Anda Terlanjur Menggunakan Oli Palsu

Ilustrasi menggunakan oli palsu - --ishutterstock.com

Ini Dampak Terburuk Jika Kendaraan Anda Terlanjur Menggunakan Oli Palsu

RK ONLINE - Setelah membahas soal perbedaan antar oli asli dan oli palsu, kali ini tim redaksi radarkepahiang.id akan membagikan beberapa bahaya dan kerusakan jika kendaraan mengguna oli palsu. Mulai dari mulai kerusakan kecil hingga kerusakan parah yang berujung harus bongkar mesin.

 

Oli mesin merupakan komponen vital dalam menjaga kinerja dan keandalan mesin kendaraan. Namun, dalam beberapa kasus, orang mungkin tergoda untuk menggunakan oli palsu karena alasan biaya atau keterbatasan aksesibilitas. 

 

Menggunakan oli palsu dapat memiliki dampak yang serius bagi mesin kendaraan dan bahkan dapat membahayakan keselamatan pengendara. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan dampak negatif yang mungkin terjadi bagi pengguna oli palsu.

BACA JUGA:Marak Oli Palsu, Pengendara Wajib Tau Perbedaan Oli Palsu dan Oli Asli

1. Kinerja Mesin yang Buruk

Oli palsu umumnya tidak memiliki formula dan kualitas yang sama dengan oli asli yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan. Akibatnya, kemampuan pelumasannya menjadi rendah, dan pelumas tidak dapat menjalankan fungsinya dengan efektif. 

 

Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan gesekan dan keausan yang lebih cepat pada komponen mesin, seperti piston, camshaft, atau bearing. 

 

Akibatnya, kinerja mesin kendaraan dapat menurun secara signifikan, menyebabkan hilangnya tenaga, konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi, dan bahkan kerusakan yang serius pada mesin.

 

Sumber: