Mana yang Benar, Ganti Oli Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?

Mana yang Benar, Ganti Oli Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?

Mana yang Benar, Ganti Oli Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?/--www.istockphoto.com

Mana yang Benar, Ganti Oli Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?

RK ONLINE - Banyak pemilik mobil masih bingung tentang kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin. Dua patokan umum digunakan: berdasarkan jarak tempuh atau waktu.

 

Menurut Bambang Supriyadi, dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yang terpenting adalah memilih mana yang tercapai lebih dulu, baik itu waktu atau jarak tempuh. Misalnya, jika waktu penggantian sudah tercapai meskipun jarak tempuh belum, atau sebaliknya.

BACA JUGA:Lewat Jaringan WiFi, Ini Cara Baru Mengungkap Aksi Perselingkuhan

Bambang menjelaskan bahwa kedua patokan ini dirancang untuk memudahkan konsumen, mengingat perbedaan penggunaan mobil. Penggunaan mobil di dalam kota dengan jarak tempuh yang pendek tidak berarti oli mesin tetap dalam kondisi baik. Faktor-faktor seperti kemacetan, kondisi stop-and-go, dan lainnya dapat mempengaruhi kualitas oli.

 

Meskipun mobil hanya digunakan di dalam kota, tetap disarankan untuk melakukan penggantian oli sesuai rekomendasi, karena kondisi jalanan yang macet dan udara panas juga dapat memengaruhi kualitas oli.

BACA JUGA:Cek Sekarang! Ini Harga BBM Pertamina Per 1 Maret 2024

Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk tetap memperhatikan penggantian oli secara rutin, baik berdasarkan waktu maupun jarak tempuh, sesuai dengan mana yang tercapai lebih dulu. Hal ini penting agar kualitas oli tetap terjaga, mengingat adanya aditif dalam oli yang dapat mengalami penurunan kualitas seiring waktu dan penggunaan.

Sumber: