Idul Adha, Seluruh OPD Pemkab Kepahiang Diajak Ikut Berkurban

Idul Adha, Seluruh OPD Pemkab Kepahiang Diajak Ikut Berkurban

Kabag Kesra Setda Kepahiang Devison, S.STp--DOK/RK

RK ONLINE - Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepahiang diharapkan dapat berqurban pada hari raya Idul Adha 1444 H, yang dilaksanakan pada 29 Juni 2023 mendatang. Demikian disampaikan Kabag Kesra Setda Kepahiang Devison, S.STp.

Dikatakannya kalau ajakan berkurban tersebut sudah disampaikan pada seluruh OPD melalui surat yang telah didistribusikan.

Hanya saja, terkait partisipasi berkurban menjadi hak dan keinginan para ASN yang tidak bisa dipaksanakan, mengingat berkurban adalah bagian dari ibadah sebagai umat muslim pada hari raya Idul Adha.  

"Surat kepada OPD terkait ajakan berkurban pada hari raya Idul Adha sudah kita sampaikan, namun kita tidak berani menargetkan banyaknya jumlah hewan kurban dari ASN, mengingat berkurban adalah ibadah yang tidak bisa dipaksakan," jelas Devison.

BACA JUGA:Gegara Data, 11 Guru di Kepahiang Belum Bisa Menikmati TPG

Apalagi, berkurban tidak menggunakan uang dari APBD atau kegiatan lainnya bersumber dari uang negara. Sebab, kata dia, berkurban itu harus dari masing-masing personel ASN.

"Kurban adalah ibadah sunnah muakkad, artinya sunnah yang sangat dianjurkan kepada umat Islam yang memiliki kemampuan berkurban. Hingga saat ini terkonfirmasi Bupati, Wakil Bupati dan Sekda masing-masing akan berkurban 1 ekor sapi," jelas Devison.

Sumber: