GAWAT Blanko KTP di Kepahiang Nyaris Ludes, Dukcapil Sarankan Masyarakat Lakukan Ini!

GAWAT Blanko KTP di Kepahiang Nyaris Ludes, Dukcapil Sarankan Masyarakat Lakukan Ini!

Kadis Dukcapil Kepahiang Nyayu Elia Hasanah mengatakan blanko KTP nyaris ludes dan arahkan masyarakat gunakan KTP Digital.--Radarkepahiang.id

GAWAT Blanko KTP di Kepahiang Nyaris Ludes, Dukcapil Sarankan Masyarakat Lakukan Ini!

RK ONLINE - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu mengungkapkan, saat ini blanko KTP di Dukcapil Kabupaten Kepahiang nyaris ludes.

 

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kepahiang, Ir. Nyayu Elia Hasanah, M.Si mengatakan, banyaknya pelayanan terhadap masyarakat yang baru berusia 17 tahun dan mendaftarkan diri untuk membuat KTP, menjadi faktor utama banyaknya kebutuhan terhadap jumlah kepingan blanko KTP.

BACA JUGA:Gaji Imam Tembus Rp 22 Juta Perbulan, Kemenag Buka Seleksi Penerimaan Calon Imam Masjid Penempatan Khusus

"Karena pelayanan untuk pembuatan KTP ini selalu ramai, sehingga sekarang ini jumlah blanko KTP hanya bersisa puluhan keping saja. Bahkan tidak sampai 100 keping," ujar Nyayu.

 

Namun, wanita yang akrab disapa Ana ini menambahkan bahwa minimnya jumlah blanko KTP ini, bukan berarti masyarakat tidak bisa memiliki kartu identitas diri. 

Pasalnya saat ini, Ana mengatakan kalau Capil sudah memiliki layanan KTP Digital yang kegunaannya sama persis seperti menggunakan blanko KTP.

BACA JUGA:KOMPAK Kepala Daerah Dukung Penghapusan Tenaga Honorer, Berikut Penjelasannya!

"Sekarang ini Capil ada layanan KTP Digital. Jadi kami arahkan juga masyarakat untuk menggunakan KTP Digital. Peruntukannya sama seperti memiliki KTP fisik menggunakan blanko KTP," lanjutnya.

 

Sementara itu dengan minimnya ketersediaan blanko KTP ini, Ana mengatakan jika pihaknya telah menyampaikan usulan ke Capil Pusat agar mendapatkan pengadaan blanko KTP dengan jumlah yang cukup banyak. 

Jika diakomodir, kepingan blanko KTP ini diprediksi bisa tiba ke kantor Capil Kepahiang dalam waktu dekat ini.

Sumber: