CATAT Ini Prediksi Waktu Fenomena Alam Gerhana Matahari Total Kamis 20 April 2023!

CATAT Ini Prediksi Waktu Fenomena Alam Gerhana Matahari Total Kamis 20 April 2023!

Prediksi waktu Fenomena Alam Gerhana Matahari Hibrida yang terdiri dari Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Cincin/Foto: Ilustrasi --Istimewah

CATAT Ini Prediksi Waktu Gerhana Matahari Total Kamis 20 April 2023!

RK ONLINE - Berdasarkan prediksi, Kamis 20 April 2023 sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT).

 

Bukan hanya itu saja dalam waktu yang bersamaan, sejumlah wilayah lainnya di Indonesia akan mengalami Gerhana Matahari Cincin

Oleh karena itu, fenomena alam yang terjadi secara bersamaan ini, disebut dengan fenomena alam Gerhana Matahari Hibrida atau GMH.

BACA JUGA:Masih Banyak Kekurangan, DPR RI Sepakat Angkat Guru PPPK Menjadi PNS

Sebab dalam waktu yang bersamaan di sejumlah wilayah, fenomena alam Gerhana Matahri ini akan terlihat sebagai Gerhana Matahari Total. Sedangkan di beberapa wilayah lainnya, terlihat sebagai Gerhana Matahari Cincin.

Untuk diketahui kalau Gerhana Matahari Hibrida, adalah fenomena alam Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Total yang terjadi pada satu waktu secara berurutan.

BACA JUGA:TANPA TES Allhamdulillah Tenaga Honorer K2 Paling Berpeluang Diangkat Menjadi PNS

Fenomena alam Gerhana Matahari Hibrida ini terjadi ketika matahari, bulan dan bumi, berada tepat pada garis yang sama sehingga di suatu tempat tertentu, terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

 

Sesuai prediksi yang sudah beredar sebelumnya menunjukan jika fenomena alam Gerhana Matahari Hibrida ini akan terlihat di seluruh wilayah Indonesia. 

Hanya saja khusus untuk Gerhana Matahari Total, hanya dapat dilihat dari beberapa wilayah saja, yakni wilayah Indonesia Timur.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH Gaji PNS Tahun 2023 Resmi Naik 7 Persen?, Simak Syarat Kenaikan Gaji PNS Berikut Ini!

Sumber: