Puncaknya Bulan Ini, Apa Itu Fenomena El Nino dan Efek El Nino Untuk Bumi dan Manusia

Puncaknya Bulan Ini, Apa Itu Fenomena El Nino dan Efek El Nino Untuk Bumi dan Manusia

dampak buruk atau efek el nino bagi bumi dan manusia/foto; Ilustrasi---freepik.com

Puncaknya Bulan Ini, Apa Itu Fenomena El Nino dan Efek El Nino Untuk Bumi dan Manusia

RK ONLINE- El Nino adalah sebuah fenomena alam yang terjadi di Samudera Pasifik dan berpengaruh besar terhadap iklim global.

Istilah "El Nino" berasal dari bahasa Spanyol yang berarti "Anak Lelaki" dan merujuk pada Anak Yesus karena fenomena ini sering terjadi menjelang Natal di Peru dan Ekuador.

 

Fenomena El Nino terjadi ketika suhu permukaan laut di wilayah tengah dan timur Samudera Pasifik menjadi lebih hangat dari biasanya. Peristiwa ini berlangsung beberapa tahun sekali dan berlangsung selama beberapa bulan. El Nino berlawanan dengan fenomena La Nina, di mana suhu permukaan laut di wilayah yang sama menjadi lebih dingin dari biasanya.

BACA JUGA:Berdampak di Indonesia, Puncak El Nino Diprediksi Agustus 2023 Ini

Penyebab utama dari El Nino adalah adanya perubahan arah dan kekuatan angin pasat di Samudera Pasifik. Biasanya, angin pasat bertiup dari timur ke barat, mendorong air hangat ke wilayah barat. Namun, saat El Nino terjadi, angin pasat melemah atau bahkan berbalik arah, sehingga air hangat bergerak dari wilayah barat ke wilayah timur.

 

Dampak El Nino sangat signifikan dan kompleks. Beberapa efeknya termasuk:

1. Perubahan Pola Cuaca

El Nino dapat menyebabkan perubahan pola cuaca di berbagai belahan dunia. Beberapa wilayah mengalami banjir, sedangkan wilayah lain mengalami kekeringan parah. Perubahan cuaca ini berdampak besar pada pertanian, ketahanan pangan, dan ketersediaan air bersih.

 

2. Gangguan Ekosistem Laut

Perubahan suhu laut akibat El Nino menyebabkan gangguan pada ekosistem laut, termasuk migrasi ikan dan hewan laut lainnya. Beberapa wilayah bahkan mengalami pemutihan karang karena suhu air yang terlalu tinggi.

Sumber: