Pantau Hilal Puasa 1 Ramadhan 2023, Kanwil Kemenag Sebut Hilal Tidak Terlihat!

Pantau Hilal Puasa 1 Ramadhan 2023, Kanwil Kemenag Sebut Hilal Tidak Terlihat!

Hasil rukyatul hilal Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu hilal tidak dapat terlihat, Menag Yaqut tetapkan Kamis 23 Maret 2023 sebagai awal 1 Ramadhan 2023 atau 1 Ramadhan 1444 Hijriah.--Disway.id

RK ONLINE - Dilakukan secara serentak se Indonesia, Rabu 22 Maret 2023 Kanwil Kementrian Agama Provinsi Bengkulu juga memantau langsung hilal untuk memastikan waktu yang tepat untuk memulai puasa Ramadhan 2023.

 

Kegiatan pantauan hilal 1 Ramadhan 1444 Hijriah ini, dilakukan jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu di lantai 3 Mess Pemda Bengkulu yang berlokasi di Jalan Pasar Pantai Kelurahan Malabero, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Usai Libur Panjang PNS ASN PPPK dan Tenaga Honorer, Wajib Perhatikan SE MenPAN RB Soal Jam Kerja Ramadhan 2023

Tidak hanya Kemenag Provinsi Bengkulu, Rukyatul Hilal atau pemantauan hilal untuk menetapkan 1 Ramadhan 2023 ini juga dihadiri dan diikuti oleh Pengadilan Tinggi, MUI, Ormas Islam Provinsi Bengkulu, BMKG Bengkulu, BMKG Kepahiang serta beberapa pihak berkepentingan lainnya.

 

Namun dari hasil pengamatan hilal atau Rukyatul Hilal ini, Kemenag sama sekali tidak berhasil melihat hilal yang menjadi syarat penetapan 1 Ramadhan 2023 atau 1 Ramadhan 1444 Hijriah.

 

Ini disampaikan langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Muhammad Abdu. Dia menuturkan jika hilal 1 Ramadhan tidak terlihat dari lantai 3 Mess Pemda Bengkulu.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Toko Bangunan Ruko 3 Pintu di Bengkulu Kebakaran!

Namun menurutnya, hilal yang tidak dapat dilihat bukan berarti 1 Ramadhan bukan jatuh pada Kamis 23 Maret 2023. Namun dia mengatakan kalau hilal tidak terlihat karena tertutup oleh awan yang tebal.

 

"Rukyatul Hilal awal 1 Ramadan 2023 sudah dilakukan. Hasilnya hilal tidak terlihat karena ditutupi oleh awan yang tebal. Tapi sebagai bahan pertimbangan Kemenag, hasil pengamatan hilal ini akan kami laporkan ke pusat," singkatnya.

 

Sumber: