Rejeki Nomplok Investor, Lewat RUPST Bank Mandiri Sepakat Tebar Dividen Rp 24,7 Triliun!

Rejeki Nomplok Investor, Lewat RUPST Bank Mandiri Sepakat Tebar Dividen Rp 24,7 Triliun!

RUPST Bank Mandiri --Bank Mandiri

 

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi menjelaskan kalau besaran dividend per share Bank Mandiri tersebut, naik 46,8 persen jika dibandingkan dengan periode setahun sebelumnya yang sebesar Rp360,64 per lembar saham. 

BACA JUGA:KemenPAN RB Umumkan Jadwal dan Teknis Seleksi Kompetensi PPPK, Peserta Wajib Persiapkan Ini!

Dari nilai tersebut, dividen kepada negara Republik Indonesia atas kepemilikan sebesar 52 persen saham Bank Mandiri atau sebesar Rp12,84 triliun akan disetorkan kepada Rekening Kas Umum Negara dan naik menjadi 46,7 persen dari posisi tahun lalu. 

 

Sementara itu, 40 persen dari laba bersih konsolidasi tahun lalu atau sebesar Rp16,46 triliun akan dialokasikan sebagai laba ditahan. Sebagai informasi, total laba bersih Bank Mandiri untuk tahun buku 2022, tercatat sebesar Rp41,17 triliun. Capaian ini naik 46,89 persen bila dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

 

Darmawan menambahkan, besaran dividen tersebut sejalan dengan komitmen manajemen Bank Mandiri yang terus berupaya, untuk berkontribusi secara optimal kepada masyarakat. 

BACA JUGA:Lowongan Pekerjaan, Ini Tugas dan Kewajiban Petugas Sensus Pertanian Tahun 2023 Badan Pusat Statistik

"Keputusan ini juga mengindikasikan dukungan yang kuat dari pemegang saham kepada manajemen untuk terus memberikan solusi finansial yang terbaik. Tak hanya kepada nasabah, tetapi juga masyarakat secara luas," ujar Darmawan melalui keterangan resminya yang disampaikan, Selasa 14 Maret 2023.

 

Dirinya melanjutkan jika keputusan pembagian dividen ini, dilakukan dengan mempertimbangkan rencana akselerasi serta ekspansi bisnis serta, kebutuhan permodalan Bank Mandiri. Adapun setelah pembagian dividen, rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio atau CAR Bank Mandiri sampai dengan akhir tahun 2023, diproyeksikan tetap terjaga di level optimal.

 

Darmawan menambahkan, pihaknya optimis dengan beragam pengembangan serta inovasi digital yang sedang dijalankan, mampu mendukung rencana bisnis berkelanjutan Bank Mandiri, termasuk mendorong fungsi intermediasi yang menjadi core bisnis perseroan.

 

Sumber: