Hemat Listrik Bisa Dilakukan Dengan Menghindari 4 Hal Sepele Ini, Nomor 4 Paling Sering Terjadi!

Hemat Listrik Bisa Dilakukan Dengan Menghindari 4 Hal Sepele Ini, Nomor 4 Paling Sering Terjadi!

Tips agar lebih hemat listrik dengan menghindari hal sepele.--Radarkepahiang.id

Banyak orang berpendapat kalau memasukkan makanan panas ke dalam kulkas, merupakan salah satu cara cepat untuk proses mendinginkan makanan. Namun ternyata kebiasaan sepela ini, dapat membuat tagihan listrik membengkak lebih besar dari biasanya.

 

Bukan tanpa alasan, hal sepela ini dapat terjadi karena sistem kerja kulkas, adalah menjaga kestabilan suhu di dalam kulkas agar tidak terkontaminasi dengan panas makanan yang dimasukkan. Namun jika kamu tetap melakukan hal ini, makanan yang panas di dalam kulkas, memaksa kulkas bekerja lebih ekstra keras dari biasanya.

 

Hal ini pula yang kemudian dapat membuat kulkas tersebut mengkonsumsi listrik jauh lebih besar dari seharusnya. Sebaiknya jika ingin mendinginkan makanan di dalam kulkas, biarkan makanan tersebut dingin terlebih dahulu. Setelah 80 persen dingin, baru kemudian dimasukan ke dalam kulkas.

 

BACA JUGA:Pelanggan Golongan Ini Berhak Mendapatkan Listrik Subsidi, Cek Sekarang Apakah Kamu Termasuk!

2. Membiarkan lampu menyala terus menerus

 

Kenaikkan tagihan listrik atau tarif listrik, paling umum terjadi adalah karena pelanggan yang lupa mematiakan lampu. Padahal lampu yang terus menerus menyala, dapat membuat konsumsi terhadap energi listrik semakin besar yang kemudian berujung membengkaknya tagihan listrik.

 

Oleh sebab itu manfaatkanlah energi listrik yang ada dengan bijaksana. Salah satunya dengan cara menyalakan lampu seperlunya saja. Cara ini bisa juga dilakukan dengan mematikan lampu pada siang hari dan saat tidur, membantu akan sangat membantu pelanggan PLN agar lebih hemat listrik.

 

Di sisi lainnya, sejumlah pakar psikolog menyebutkan kalau mematikan lampu saat tidur, dapat membuat tidur lebih nyenyak dan memiliki semangat yang lebih baik saat bangun keesokan harinya.

 

Sumber: