Potensi Hujan Masih Tinggi Hingga Akhir Januari

Potensi Hujan Masih Tinggi Hingga Akhir Januari

DOK/RK : HUJAN : Potensi di Kota Bengkulu dan sekitarnya beberapa hari kedepan masih tinggi.--

RK ONLINE - Sejak beberapa hari terakhir wilayah Kota Bengkulu dan sekitarnya dilanda ujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Fatmawati Bengkulu memperkirakan kondisi ini masih berpotensi tinggi terjadi hingga akhir bulan Januari 2023.

 

 

Kasi data dan informasi BMKG stasiun Fatmawati Bengkulu, Anang Anwar mengatakan, peringatan dini terhadap potensi hujan akan berlaku hingga hari ini (30/1) dengan potensi tinggi terjadi hujan ringan dan lebat disertai angin kencang di sebagian wilayah seperti Kabupaten Bengkulu Utara, Lebong,  Rejang Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Selatan.

 

 

Potensi hujan ini terjadi lantaran adanya belokan atau pergerakan arah angin di wilayah Bengkulu dengan didukung oleh tingkat kelembapan yang tinggi yang menyebabkan potensi terbentuknya awan hujan cukup tinggi.

 

 

"Potensi hujan cukup tinggi di wilayah Bengkulu hingga beberapa hari kedepan," kata Anang.

 

 

Dengan masih tingginya potensi hujan tersebut, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk waspada terutama terhadap curah hujan tinggi dalam waktu yang lama karena dapat berpotensi besar menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

 

Sumber: