Hujan dan Angin Kencang

Hujan dan Angin Kencang

DOK/Net : Ilustrasi Prakiraan Cuaca--

RK ONLINE - Setelah beberapa hari terakhir cuaca di Kabupaten Kepahiang cukup terik, beberapa hari ke depan cuaca dipredikasi berpotensi hujan disertai angin yang cukup kencang. Ini disampaikan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Anton Sugiarto, Minggu (19/2).

 

Dikatakannya, dari pantauan pihaknya cuaca di Kabupaten Kepahiang untuk beberapa hari ke depan berpotensi hujan pada wektu siang hingga sore. Hujan yang akan mengguyur tersebut diprediksi dengan intensitas sedang, yakni dari kisaran pukul 13.00 WIB - 16.00 WIB. "Sementara pagi harinya menjelang siang, cuaca sangat cerah. Pada malamnya, cuaca berawan," kata Anton.

 

Sedangkan untuk suhu, pada malam hari sangat dimungkinkan terasa dingin lantaran mencapai 19 - 26 derajat celcius. Wilayah Kabupaten Kepahiang juga berpotensi angin kencang, mencapai 30 KM per jam dan kelembaban 75 - 100 persen. "Tetap waspada, baik terhadap bencana maupun kesehatan di saat cuaca seperti saat ini," imbau Anton.

 

BACA JUGA:Masih Berpotensi Hujan

 

Dia melanjutkan, sejumlah faktor yang bisa menyebabkan cuaca dingin pada malam hari diantaranya, banyaknya awan yang menyebabkan hambatan pada radiasi matahari untuk sampai ke permukaan bumi. Sehingga suhu yang dirasakan lebih dingin dari biasanya. Selanjutnya angin kencang pada suatu wilayah mengakibatkan peningkatan suhu udara. "Hal ini membuat cuaca menjadi lebih dingin dan suhu udara berada di bawah batas normal," demikian Anton.

Sumber: