Prediksi BMKG, Cuaca Kepahiang Panas

Prediksi BMKG, Cuaca Kepahiang Panas

DOK/Net : Ilustrasi Prakiraan Cuaca--

RK ONLINE - BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang mengeluarkan prediksi harian cuaca untuk wilayah Kabupaten Kepahiang. Dari prediksi itu, diketahui kalau beberapa hari ke depan cuaca Kabupaten Kepahiang akan panas tanpa guyuran hujan. Sementara pada malam hari, cuaca hanya berawan. 

 

Dengan kondisi cuaca panas, masyarakat bisa lebih aman dalam menjalankan aktivitas. Mesku demikian, teyap harus waspada.

 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Anton Sugiarto Minggu (5/2) mengatakan, dari pantauan pihaknya diprediksi jika cuaca di Kabupaten Kepahiang akan panas sejak pagi hingga sore hari untuk beberapa hari ke depan. Hanya saja untuk malam harinya, cuaca masih tetap terasa dingin seperti biasanya.

 

"Dari pantauan kita, cuaca panas dari pagi hingga sore. Cuaca panas akan terjadi hingga beberapa hari ke depan. Sedangkan pada malam harinya hanya berawan, tidak turun hujan," kata Anton.

 

BACA JUGA:Berpotensi Hujan Ringan

 

Lebih lanjut dikatakan, untuk suhu di wilayah Kabupaten Kepahiang sepertinya masih terasa dingin pada malam hari. Sementara kecepatan angin 20 K/jam dan kelembanan 50 - 100 persen. "Suhunya seluruh kecamatan, antara 18 - 30 derajat celcius. Karena mencapai 30 derajat celcius, makanya malam hari akan terasa dingin," sampai Anton.

 

Apakah sekarang sudah masuk musim kemarau? Menurut Anton, secara global hujan sudah mulai berkurang, tapi bukan berarti sudah masuk dalam musim kemarau. Kurangnya hujan lantaran dipengaruhi fenomena El Nino, yakni fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

 

Sumber: